10 Cara ini Bisa Redakan Amarah Anda

BERITALIVE – Amarah adalah emosi alamiah manusia. Tidak semua amarah itu bersifat negatif. Namun jika tak bisa tersalurkan bisa jadi hasil yang diperoleh bisa merugikan.

Bagaimana cara meredakan amarah yang kerap timbul? Litbang KORAN SINDO mencoba melakukan survei terhadap masyarakat di sembilan kota besar di Indonesia (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya,Yogya, Palembang, Medan, Makassar dan Manado). Menggunakan wawancara langsung melalui telepon pada 400 responden pada 20 Desember hingga 30 Desember 2016, hasilnya mendekatkan diri kepada Tuhan dengan cara berdoa dan beribah menempati posisi pertama dengan 41 persentase. Berikut hasil lengkapnya :

1.Membaca Doa/ Beribadah (41%)
Cara ini merupakan salah satu cara paling sering digunakan untuk meredakan amarah. Dengan membaca doa, hati akan terasa lebih tenang dan damai. Dengan beribadah, menceritakan keluh kesah kepada Tuhan bisa membuat seseorang berpikir lebih jernih mencari solusi atas sebuah persoalan.

2.Diam (2%)
Marah membuat kita membuang energi yang bisa kita gunakan untuk kepentingan lainnya. Rasa amarah yang muncul kemudian disertai dengan perilaku marah-marah membuat kita kehilangan banyak energi sehingga muncul rasa lelah. Itulah mengapa diam menjadi pilihan lebih baik dibandingkan meluapkan rasa amarah

3.Mendengarkan Musik (7%)
Mendengarkan musik bisa mengubah mood seseorang. Jika keadaan hati sedang marah, cobalah mendengarkan musik lembut atau musik kesukaan yang bisa membuat suasana hati menjadi tenang. Mendengarkan musik memiliki banyak manfaat, bukan saja untuk meredakan amarah, tapi juga memicu kreativitas.

4.Tidur (7%)
Amarah bisa menguras energi maka mengistirahatkan tubuh dengan tidur dinilai menjadi cara terbaik. Saat terbangun, pikiran bisa menjadi lebih jernih sehingga bisa diarahkan mencari solusi terbaik.

5.Makan (6%)
Melampiaskan rasa amarah dengan makan bisa menjadi salah satu solusi ampuh meredakan amarah. Makan-makanan manis seperti cokelat dipercaya bisa meredakan rasa amarah. Cokelat memiliki kandungan yang bisa membuat mood seseorang berubah menjadi senang atau lebih baik.

6.Menonton Film (5%)
Menonton film kesukaan atau yang bergenre favorit bisa menjadi salah satu cara meredakan amarah. Mengalihkan rasa amarah dengan menonton film kesukaan bisa membuat pikiran teralihkan dan mengubah mood. Terdapat beberapa genre film yang bisa mengalihkan rasa amarah antara lain film komedi, laga, romantis, atau kartun.

7.Jalan-Jalan (3%)
Jalan-jalan juga bisa dilakukan untuk meredakan amarah. Jalan-jalan dapat dilakukan ke mana pun sesuai keinginan hati masing-masing seperti ke taman, mal, atau kafe favorit. Jalan-jalan bisa membantu kita mengalihkan perhatian dari objek yang membuat kita marah.

8.Meditasi (3%)
Meditasi menjadi pilihan tepat meredakan rasa amarah. Kenapa? Dengan melakukan meditasi, tubuh terasa lebih segar. Meditasi dilakukan untuk menghilangkan energi ataupun perasaan-perasaan negatif di dalam tubuh. Memasukkan pikiran-pikiran yang positif ke dalam tubuh dan pikiran membuat tubuh terasa lebih ringan, rileks, serta santai.

9 Menyanyi/ Berdendang (2%)
Daripada marah-marah yang bisa membuang energi, lebih baik menyalurkannya dengan menyanyi atau berdendang. Menyanyi juga bisa dilakukan untuk menghibur diri sendiri. Menyanyikan lagu kesukaan bisa membawa mood menjadi lebih baik.

10 Membicarakan Masalah dengan Orang Lain (2%)
Cara ini dirasa efektif karena dengan menceritakan penyebab amarah kita kepada orang lain bisa membuat kita menjadi lebih tenang. Menceritakan segala unek-unek seperti mengeluarkan beban di dalam hati dan pikiran. Hal ini bisa membantu suasana hati dan pikiran seseorang terasa lebih ringan.(WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *