10 Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Populer

BERITA LIVE –  Sejak beberapa hari terakhir, provinsi Kalimantan Timur menjadi salah satu provinsi yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Setelah diumumkannya wilayah kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartangera sebagai ibu kota baru Pemerintahan Republik Indonesia, sebaiknya kita mengenal lebih dekat wilayah ini Sahabat Resep Koki Medan 

Selama ini Kalimantan Timur tidak hanya terkenal dengan kawasan hutan yang masih asri, kawasan tambang besar dan kawasan dengan kultur budaya mengesankan saja. Lebih jauh, kawasan ini juga terkenal dengan aneka kuliner khasnya yang menggugah selera.

Ada beberapa kuliner atau makanan khas Kalimantan Timur yang siap memanjakan lidah siapa saja yang berkunjung ke sana. Sedikitnya ada 10 makanan yang sangat populer dan wajib dicicipi saat berkunjung ke sana.

Nasi Kuning hingga Gence Ruan

Nasi Kuning

Hasil gambar untuk Nasi Kuning

Sama seperti daerah lain di Indonesia, nasi kuning juga menjadi sajian khas Kalimantan Timur. Nasi kuning khas Kalimantan Timur ini terbuat dari beras yang dimasak bersama rempah-rempah dan santan. Nasi kuning ini disajikan bersama aneka lauk mulai dari tempe goreng, ayam goreng, mi goreng, telur dadar, sambal, serundeng ikan gabus, telur bumbu bali, bawang goreng dan masih banyak lagi.

Nasi Bekepor

Gambar terkait

Makanan khas selanjutnya ada nasi bekepor. Ini merpakan sajikan nasi liwet yang dimasak bersama minyak sayur, ikan asin, daun kemangi dan aneka bumbu rempah. Nasi bakepor sangat cocok disajikan bersama garang asem atau sayur ikan asam Kutai.

Ayam Cincane

Hasil gambar untuk Ayam Cincane

Ini merupakan sajian daging ayam yang dimasak bersama aneka bumbu rempah. Cita rasa masakan ini gurih dan manis dengan aroma wangi rempah khas. Sajian ini biasanya disajikan saat acara besar seperti acara adat, pernikahan, khitan atau acara keluarga lain.

Sayur Asam Kutai

Hasil gambar untuk Sayur Asam Kutai

Sayur asam Kutai merupakan makanan khas Kutai Kertanegara. Sayur ini terbuat dari ikan gabus, kangkung talas dan jantung pisang batu.

Gence Ruan

Gambar terkait

Ini merupakan masakan khas Kalimantan Timur dengan bahan utama ikan haruan atau ikan gabus. Masakan ini dimasak dengan cara sebelumnya ikan digoreng atau dibakar kering kemudian dimasak kembali dengan bumbu rempah setempat dengan cita rasa pedas manis.

Sate Payau hingga Amplang

Sate Payau

Hasil gambar untuk Sate Payau

Sate payau adalah sate yang terbuat dari daging rusa. Makanan ini sudah jarang sekali ditemukan di Kalimantan Timur mengingat rusa adalah hewan yang dilindungi negara. Mesk begitu, masyarakat maish bisa mencicipinya saat ada acara adat atau festival yang diselenggarakan provinsi Kalimantan Timur.

Pepes Kepiting

Hasil gambar untuk Pepes Kepiting

Makanan khas berikutnya ada pepes kepiting. Biasanya, kepiting untuk masakan ini adalah kepiting soka. Pepes kepiting yang sudah dikukus hingga matang kemudian dibakar di atas bara api untuk mendapatkan cita rasa yang semakin menggugah selera.

Rabo Ruan

Hasil gambar untuk Rabo Ruan

Ini juga merupakan makanan yang terbuat dari ikan gabus. Rabo ruan adalah masakan ikan gabus yang dikukus hingga matang kemudian dagingnya disuir-suir dan dimasak dengan bumbu rempah serta santan hingga benar-benar matang.

Sambal Raja

Hasil gambar untuk Sambal Raja

Ini merupakan sambal khas Kalimantan Timur. Sambal raja terbuat dari aneka sayur dan bahan makanan lain. Sambal raja memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera.

Kerupuk Amplang

Gambar terkait

Kerupuk amplang merupakan camilan khas Kalimantan yang sudah mendunia. Amplang juga menjadi salah satu camilan yang identik dengan provinsi Kalimantan Timur. Ampang di sini umumnya terbuat dari ikan gabus sehingga memiliki cita rasa ikan yang begitu enak.

Itulah sedikitnya 10 makanan khas Kalimantan Timur yang wajib dicicipi saat ke sana. Semoga informasi ini bermanfaat.

(AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *