Beberapa Tips Memilih Buah Yang Bagus Dan Manis

BERITA LIVE – Mungkin sebagian dari Anda pernah merasa kesal saat mencoba buah yang dibeli ternyata tidak manis. Agar tidak salah, berikut ini beberapa tips sederhana tentang cara memilih buah yang bagus dan manis.

1. Mangga

Agak susah memilih buah mangga kalau dilihat dari warna kulitnya saja, karena warna hijau juga bisa berarti mangga tersebut sudah matang. Sebaliknya, warna oranye tak menjamin mangga tersebut tidak berasa asam. Jadi, jangan bergantung pada warna saat memilih mangga. Memilih mangga yang manis sebaiknya dilakukan dengan cara memijit buahnya. Jangan yang keras, karena itu sudah pasti mentah, Jangan pula yang lembek karena itu artinya mangga hampir membusuk. Selain itu, menghirup aromanya juga bisa dijadikan pegangan untuk mengetahui apakah mangga tersebut manis atau tidak. Hindari mangga yang kulitnya berkerut, karena itu tandanya mangga belum matang saat dipetik.

2. Pepaya

Saat memilih pepaya, pastikan Anda menghindari buah yang keras, karena itu artinya belum matang. Anda harus menghindari pepaya dengan warna dominan oranye karena itu berarti pepaya terlalu matang. Bisa jadi daging buahnya terlalu lembut. Pilih yang memiliki gradasi warna antara hijau dan oranye. Selain itu, Anda harus memperhatikan bentuknya, jangan yang pangkalnya besar, tetapi pilih yang ujungnya kecil atau sebaliknya. Pilih pepaya yang berbentuk lurus memanjang agar mendapat kematangan yang sempurna.

3. Jeruk lokal

Memilih jeruk yang manis tidak bisa diperlakukan seperti mangga yang bisa dicium aromanya. Jeruk memiliki aroma yang sama tanpa bisa diketahui manis atau tidak. Jeruk yang baik adalah yang ujungnya cekung karena itu biasanya menjadi tanda bahwa si jeruk sudah manis. Menekan jeruk bisa juga menjadi acuan untuk mengetahui manis-tidaknya buah tersebut. Jeruk yang berkulit tebal biasanya kandungan airnya sedikit, tetapi rasanya manis. Kalau mau yang kandungan airnya banyak, cari yang kulitnya tidak terlalu tebal.

4. Apel

Anda bisa memilih apel yang baik berdasarkan warna dan teksturnya. Jika warna apel sudah terlalu kecokelatan dan permukaannya sangat empuk, artinya sudah kematangan. Memilih apel yang segar juga bisa dengan cara mengetuknya menggunakan jari. Jika bunyinya nyaring, artinya apel masih renyah dan mengandung banyak air. Sebaliknya, bila bunyinya berat, maka apel sudah tidak lagi renyah dan kering.

5. Alpukat

Memilih alpukat tergantung dari kapan Anda akan mengonsumsinya. Jika Anda baru akan mengonsumsinya beberapa hari kemudian, pilih alpukat yang keras dan simpan di dalam suhu kamar karena itu akan membantu proses kematangan. Namun, jika Anda ingin langsung mengonsumsinya, Anda bisa menekan alpukat dan memilih yang lebih lembut. Lakukan tekan-menekan ini ke seluruh bagian alpukat, karena bisa jadi bagian yang lembut adalah bagian yang memar akibat jatuh dari pohonnya. [DP]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *