3 Cara Untuk Menyiasati Konsumsi Terlalu Banyak Garam

Berita Live – Salah satu bumbu masak utama yang hampir selalu kita temui pada makanan adalah garam. Rasa asin yang diberikan garam menjadi penyedap rasa pada makanan yang kita konsumsi.

Kandungan sodium dalam garam sesungguhnya merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun sayangnya, ketika kamu mengonsumsinya secara berlebih, dampak positif yang ada di dalam garam bisa seketika raib.

Lebih buruk lagi, dampak positif yang ada dari garam bisa digantikan oleh dampak buruk yang seharusnya kamu hindari. Oleh karena itu, konsumsi garam secara berlebih sesungguhnya merupakan hal yang sebaiknya dihindari.

Idealnya, setiap hari kita maksimal hanya mengonsumsi 1.500-2.300 miligram sodium setiap hari. Jumlah ini bisa lebih rendah pada mereka yang mengalami masalah tekanan darah tinggi.

Tanpa kamu sadari, sejumlah makanan yang kamu konsumsi ternyata memiliki kandungan garam yang tinggi. Hal ini terutama pada makanan kemasan maupun makanan olahan.

Untuk menyiasatinya, terdapat sejumlah hal yang bisa dilakukan demi mengurangi konsumsi garam berlebih ini. Berikut sejumlah cara untuk mengurangi asupan garam berlebih.

1. Pilih-Pilih Makanan yang Dikonsumsi

4 Cara untuk Menyiasati Konsumsi Terlalu Banyak Garam Halaman 2 |  merdeka.com

Kamu mungkin menyadari bahwa cemilan yang kamu konsumsi seperti keripik singkong memiliki rasa asin dan kaya sodium. Namun sumber garam tak disangka ini ternyata juga bisa berasal dari makanan lain.

Sejumlah makanan sehari-hari ternyata memiiki kandungan tinggi sodium yang harus kamu hindari. Beberapa makanan ini berupa roti, sereal, keju, saus tomat, dan sejumlah makanan lain yang sebaiknya kamu batasi konsumsinya.

2. Perhatikan Label Nutrisi

Bagaimana Cara Membaca Label Informasi Nilai Gizi, Apa Fungsinya ya

Penting untuk mengetahui dari mana saja asupan sodium harianmu berasal. Mencari pengganti dari makanan tinggi sodium ini merupakan salah satu hal yang bisa kamu lakukan.

Mengetahui jumlah asupan sodium ini bisa dilakukan dengan memperhatikan label nutrisi yang ada di kemasan makanan. Kamu juga bisa berkonsulasi dengan pakar nutrisi untuk menemukan pilihan makanan yang tepat dengan kebutuhan sodium harianmu.

3. Masak Makanan dengan Cara Berbeda

Tren Air Fryer Menjadikan Makanan Lebih Sehat, Ini Faktanya

Penggunaan cara yang berbeda dalam memasak bisa sangat membantu dalam menekan penggunaan garam serta minyak. Hal ini terutama bisa kamu lakukan terhadap makanan yang biasanya digoreng.

Mengukus makanan bisa membuatnya jadi lebih sehat dan tidak kehilangan kandungan nutrisi di dalamnya. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan alat masak yang berbeda misal dengan air fryer.

-Cr-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *