3 Jenis Makanan Yang Bisa Menyebabkan Kerusakan Rambut Dan Kuku

Berita Live –┬áKesehatan rambut dan kuku mungkin tidak menjadi hal yang utama bagi semua orang. Hal ini kerap terlupakan dan tidak menjadi perhatian utama.

Kondisi rambut dan kuku yang tidak sehat sempurna ini bisa disebabkan oleh sejumlah hal. Salah satunya adalah karena asupan nutrisi yang tidak tepat di dalam tubuh.

Pola makan tak tepat serta kurangnya nutrisi tertentu bisa menyebabkan kuku menjadi kusam dan pecah. Padaa rambut, masalah ini bisa menyebabkan masalah berupa rambut yang mudah patah dan rontok. Baik kuku dan rambut dibentuk oleh protein sama bernama keratin.

Sejumlah nutrisi penting seperti protein, biotin, dan vitamin A sangat penting untuk sintesa keratin. Pola makan yang tak tepat bisa menyebabkan terjadinya masalah pada kuku dan rambut ini.

Penting untuk menghindari sejumlah makanan agat tidak muncul masalah pada kulit dan rambut. Dilansir dari The Health Site, berikut pola makan yang penting diketahui demi kesehatan kuku dan rambut.

1. Konsumsi Terlalu Banyak Ikan

10 Manfaat Makan Ikan yang Menyehatkan bagi Tubuh Halaman all - Kompas.com

Sejumlah jenis ikan seperti makerel atau tua mungkin memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Konsumsi ikan dengan kandungan merkuri terlalu tinggi ini mungkin bisa menyebabkan rambut rontok.

2. Makanan Manis

Waspada, Ini 5 Makanan yang Harus Anda Hindari Saat Sahur - Makassar Terkini

Makanan tinggi gula bermanfaat bagi kulit, rambut, dan kuku. Makanan jenis ini juga menyebabkan gula darah meningkat pesat.

Ketika gula darah tinggi, pankreas akan memprooduksi lebih banyak insulin. Hal ini juga meningatkan androgen, hormon pria yang bisa menyebabkan folikel rambut menyusut baik pada pria maupun wanita.

3. Kurang Protein

Inilah Dampak Kekurangan Protein bagi Tubuh - Alodokter

Kurangnya protein pada makanan bisa menyebabkan rambut rontok dan kuku menjadi rapuh. Kandungan protein yang tinggi pada makanan bisa sangat bermanfaat bagi rambut dan kuku.

Cr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *