3 Makanan dan Minuman Penyebab Sakit Gigi, Segera Kurangi Konsumsinya

Berita Live –  Maka itu saat anda minum dan makanan bertepung atau bergula, anda tidak hanya memberi makan diri sendiri. Maka anda juga memberi makan kuman ( bakteri ) yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi di mulut anda.

Plak adalah lapisan tipis dari bakteri dan bahan lainnya yang tidak terlihat dan lengket. Ketika gula atau pati di mulut anda bersentuhan dengan plak, asam akan terbentuk.

Asam ini dapat menyerang gigi Anda selama 20 menit atau lebih lama setelah Anda selesai makan. Serangan berulang dapat merusak enamel keras pada permukaan gigi. Inilah menyebabkan kerusakan gigi.

Bakteri dalam plak juga memicu respons peradangan. Hal ini menyebabkan kerusakan pada gusi dan tulang dan akhirnya menyebabkan gigi berlubang.

Gigi yang berlubang akan terasa sakit sebagai respon dari keadaannya. Berikut daftar makanan penyebab sakit gigi yang apabila sering dikonsumsi akan menyebabkan kerusakan gigi secara bertahap:

1. Soda

Coca-Cola glass bottle beside a glass of soda with ice cubes photo – Free  Drink Image on Unsplash

Tidak ada yang layak mendapat daftar pertama penyebab sakit gigi selain soda. Kita semua tahu betapa buruknya soda untuk hampir semua aspek kesehatan kita dan tidak terkecuali kesehatan mulut. Sejumlah besar penelitian telah menunjukkan hubungan antara konsumsi soda dan gigi berlubang.

Bahayanya dua kali lipat. Pertama, soda sangat asam, dan asam yang ditemukan di dalamnya dapat merusak gigi Anda bahkan lebih dari gula dengan menghilangkan mineral dari enamel Anda.

Oleh karena itu, bahkan soda (diet) bebas gula masih sangat buruk untuk gigi Anda karena mengandung asam sitrat dan fosfat. Tentu saja, soda yang mengandung gula secara teratur bahkan lebih buruk, karena mengandung bahaya tambahan untuk menyediakan jamuan gula yang kaya bagi bakteri jahat di mulut Anda.

2. Alkohol

Kebiasaan Konsumsi Alkohol Picu Delirium Tremens

Semua minuman beralkohol menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan mulut Anda. Alkohol menyebabkan dehidrasi dan mulut kering.

Ini mengurangi aliran air liur yang dapat menyebabkan masalah serius seiring waktu seperti kerusakan gigi dan penyakit gusi. Menghirup koktail manis memiliki bahaya tambahan untuk memandikan gigi dalam gula untuk waktu yang lama.

3. Anggur

Benarkah Minum Wine Baik untuk Otak? - Info Sehat Klikdokter.com

Anggur patut disebutkan secara khusus karena akan menyebabkan warna gigi Anda menjadi buruk dan ada bahaya lain juga. Termasuk minuman berakohol, anggur mengeringkan mulut Anda dan juga dapat membuat gigi lengket, meningkatkan pembentukan noda. Selain itu, anggur merah dan putih sangat asam dan cukup buruk untuk gigi Anda.

Ingatlah bahwa sementara anggur merah dapat menodai gigi Anda cukup banyak, anggur putih lebih asam, sehingga mereka mungkin bahkan lebih berbahaya bagi enamel Anda.

-Cr-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *