3 Makanan Penyebab Jerawat Yang Wajib Dihindari, Jaga Kesehatan Kulit Wajah

berita Live –  Jerawat adalah kondisi kulit umum yang memengaruhi hampir 10% populasi dunia. Banyak faktor yang berkontribusi pada perkembangan jerawat, termasuk produksi sebum dan keratin, bakteri penyebab jerawat, hormon, pori-pori tersumbat, dan peradangan. Hubungan antara diet dan jerawat telah menjadi kontroversi, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet dapat memainkan peran penting dalam kemunculan dan perkembangan jerawat.

Tidak dipungkiri bahwa diet sehat memiliki dampak positif pada semua organ tubuh, termasuk kulit. Dan ketika menyangkut jerawat, pepatah lama yang berbunyi “Anda adalah apa yang Anda makan” sangatlah berlaku.

“Dalam dekade terakhir, ada banyak penelitian ilmiah yang meyakinkan dan mengonfirmasi hubungan antara apa yang Anda makan dan bagaimana perilaku kulit Anda,” jelas Whitney Bowe, M.D., profesor klinis dermatologi di Mount Sinai Medical Center.

Berikut adalah 3 jenis makanan penyebab jerawat yang harus Anda waspadai. Sebaiknya, hindari untuk mengonsumsi makanan-makanan ini terutama jika Anda memiliki jenis kulit yang rawan terserang jerawat.

1. Buah Kering

8 Jenis Buah Kering yang Bisa Anda Temukan di Indonesia | ResepKoki

Jenis makanan penyebab jerawat yang pertama adalah buah kering. Buah selalu diasosiasikan dengan hal-hal yang sehat. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk varietas buah kering. Buah kering adalah karbohidrat olahan yang tinggi pada indeks glikemik. Ini menyebabkan lonjakan dramatis dalam gula darah dan peningkatan selanjutnya dalam kadar insulin.

Buah kering mengarah ke kaskade hormon yang dapat meningkatkan produksi minyak dan memicu timbulnya jerawat. Sebaiknya, pilihlah buah-buahan yang masih segar untuk dikonsumsi apabila Anda memiliki jenis kulit berjerawat.

2. Susu Cokelat

Fakta Menarik di Balik Minuman Cokelat Panas : Okezone Lifestyle

Jenis makanan penyebab jerawat yang keenam adalah susu cokelat. Susu cokelat dapat menyebabkan jerawat karena membuat trifecta dari beberapa pemicu yang paling umum seperti gula rafinasi, susu, dan sering lemak trans.

Sebagai alternatif, Anda dapat memilih cokelat hitam, dibuat dengan setidaknya 70 persen kakao untuk menghindari hal-hal buruk dan mendapatkan dorongan antioksidan.

3. Jus

Resep dan Cara Membuat Jus Buah Naga Yakult: Manis, Asam Segar, serta Tidak  Langu | merdeka.com

Jenis makanan penyebab jerawat yang ketujuh adalah jus. Jus dalam botol, bahkan jenis segar yang menurut Anda baik untuk kulit, bisa menjadi pemicu utama breakout dan kemunculan jerawat.

Jus buah-buahan sebagian besar tinggi akan gula tanpa serat. Mengonsumsinya dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang memicu peningkatan produksi sebum dan peradangan. Sebaiknya, makanlah buah utuh atau pilih jus berbasis sayuran.

-Cr-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *