3 Tips Menjaga Kesehatan Saat kerja Shif Malam

Berita Live –  Sebagian profesi ada yang mengharuskan pekerjanya untuk melakukan pekerjaan di malam hari. Hal ini tentunya sudah sebua tanggung jawab yang perlu dijalankan dengan baik. Namun, ada risiko yang perlu diwaspadai jika bekerja pada shift malam, yaitu kesehatan bisa terganggu. Apabila Anda tidak mampu beradaptasi maka kesehatan bisa menurun dan jatuh sakit.

Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir dengan kesehatan tubuh akibat shift kerja malam karena ada beberapa tips menjaga kesehatan yang bisa diikuti seperti pada ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

1. Menjaga Pola Makan

10 Tips Menjaga Pola Makan Sehat Selama Pandemi - Jovee.id

Kesehatan tetap terjaga, Anda harus pintar-pintar dalam mengatur pola makan. Pastikan bahwa asupan gizi, mineral, dan juga vitamin yang didapatkan cukup untuk aktivitas sehari-hari yang tidak menentu tersebut.

Jika perlu, install aplikasi penghitung asupan gizi di smartphone. Cari aplikasi yang mampu membantu mengatur pola makan sehingga asupan vitamin, gizi, dan mineral terpenuhi.

Jangan lupa selalu mengkonsumsi air putih yang cukup karena air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lebih baik mengkonsumsi buah dan sayuran sehingga tubuh tidak akan kekurangan vitamin dan serat.

2. Menjaga Kuantitas dan Kualitas Tidur

Tes Kepribadian: Posisi Tidur Favoritmu Dapat Ungkap Karakter Aslimu  Sehari-hari - Tribun Lombok

Tidur menjadi hal yang sangat penting, terutama untuk Anda yang memiliki jadwal kerja di malam hari. Selain untuk beristirahat, tidur yang berkualitas juga mampu meningkatkan mood dan semangat setelah bangun nantinya. Tetapkan jam tidur dengan baik mulai 7-8 jam per hari. Hindari rokok dan kopi sebelum tidur agar kualitas tidur bisa lebih baik.

3. Perbanyak Tersenyum

Jangan Diabaikan, Ya! Ini Pentingnya Tersenyum Saat Interview Kerja

Senyum merupakan tanda bahwa suasana hatimu sedang gembira. Hal tersebut bisa membantumu untuk menghindari rasa stress yang sering dialami oleh mereka yang bekerja dengan shift.

Banyak tersenyum bukan berarti harus tersenyum dalam berbagai kesempatan tanpa ada hal yang memicunya. Banyak tersenyum artinya Anda melakukan segala hal dengan rasa nyaman dan bahagia. Selalu jaga mood dengan banyak bersosialisasi sehingga bisa lebih semangat dalam mengerjakan pekerjaan.

-Cr-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *