3 Topik yang Wajib Didiskusikan Sebelum Bertunangan

BERITA LIVE-

Usai momen pertunangan, biasanya pasangan akan disibukan dengan berbagai persiapan menyiapkan hari pernikahan. Namun, pernikahan bukan hanya tentang pesta. Jangan lupakan hal-hal mendasar yang justru paling peling untuk kehidupan pernikahan.

Menurut psikoterapis Tina Tessina, masalah-masalah penting seperti keuangan, karir atau cara mengasuh anak, sangat penting untuk didiskusikan.

Berikut lima hal penting yang harus dibicarakan dengan pasangan sebelum bertunangan.

1. Rencana memiliki anak

Umumnya pasangan menikah ingin memiliki keturunan. Namun, apakah kita tahu bagaimana tipe pengasuhan yang diinginkan pasangan sama dengan cara kita?

Diskusikan dengan pasangan berapa jumlah anak yang ingin dimiliki atau opsi yang akan dipilih jika ternyata kehamilan yang dinantikan tak kunjung datang.

2. Pengelolaan keuangan

Masalah keuangan mungkin menjadi penyebab utama penceraian. jadi segera diskusikan hal ini.

“Anda mungkin tidak menganggap pernikahan Anda sebagai kemitraan bisnis, tetapi uang juga menjadi faktor penting dalam rumah tangga,” kata Tessina.

Terbukalah tentang pendapatan yang kita miliki. Lalu, tentukan apakah pihak yang memiliki pendapatan lebih harus berkontribusi lebih banyak, dan sebagainya.

Setelah itu, diskusikan hutang yang kita miliki agar tak mempengaruhi masa depan keuangan bersama. Bila diperlukan, tak ada salahnya berkonsultasi dengan perencana keuangan.

3. Keterlibatan keluarga

Bagaimana hubungan kita dengan keluarga besar juga bisa menjadi permasalahan dalam rumah tangga.

Bicarakan seberapa sering kita akan melakukan interaksi dengan keluarga dan harapan kita tentang hubungan dengan calon mertua.

Tessina menyarankan kita untuk mengajukan beberapa pertanyaan spesifik, seperti di mana kita berdua akan menghabiskan liburan? Jika ada anggota keluarga yang memiliki masalah, seberapa besar dampaknya terhadap hubungan kita?

(SL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *