4 Cara Panggang Dada Ayam agar Empuk

 

BERITALIVE – AYAM adalah satu bahan yang paling sering digunakan dalam masakan. Salah satunya dengan cara dipanggang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk hasilkan dada ayam panggang yang empuk dan juicy.

Sabtu (19/3/2016) berikut empat cara yang bisa dilakukan untuk membuat olahan ayam panggang menjadi lezat.

Marinasi

Proses marinasi biasa dilakukan untuk menghasilkan rasa daging ayam yang lezat. Marinasi bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai bumbu, baik bumbu kering ataupun bumbu basah misalnya cuka, minyak, madu, mentega atau bumbu bubuk. Oleskan bumbu ini ke permukaan dada ayam sebelum dipanggang.

Beri larutan air garam

Larutan air garam bisa membantu menjaga kelembaban daging dada ayam. Takaran yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan 1 sdm garam dan 1 sdm gula dengan segelas air. Siram larutan ini ke daging ayam lalu diamkan selama 2 hingga 3 jam. Jangan lebih lama merendamnya karena daging ayam akan menjadi asin.

Pukul-pukul

Memukul-mukul ayam membuat tekstur dagingnya lebih empuk. Alasannya karena daging ayam menjadi lebih tipis dari ukuran normal sehingga bisa mempercepat proses pemasakan dan membuat tekstur daging lebih empuk karena sudah dalam kondisi memar.

Masak ayam dengan ditumpuk batu bata

Teknik ini banyak dilakukan di Italia. Ayam dipanggang dengan ditumpuk batu bata di bagian atas daging dada ayam. Bungkus batu bata menggunakan aluminium foil agar tetap higienis. Batu bata membuat ayam lebih cepat matang karena tertimpa oleh beban yang cukup berat dan karena panas lebih merata. (ws)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *