4 Hal Yang Tidak Diperbolehkan Ketika Melakukan Scuba Diving

BERITA LIVE – Ketika melakukan scuba diving banyak hal yang tidak boleh Anda lakukan. Sebabnya, bahayanya dapat mengancam nyawa kalau tidak mematuhi aturan yang dibuat.

Seharusnya, selama menyelam Anda ikut menjaga laut dan tetap mawas diri. Apalagi saat bertemu dengan biota laut, jangan malah mengganggu atau merusak terumbu karang yang ada.

Selain itu, saat menyelam Anda juga harus menjaga diri supaya, terlebih untuk keamanan diri. Seperti tabung oksigen dan perlengkapan pakaian serta aksesoris saat menyelam.

Lebih lanjut, Anda harus tahu hal apa saja yang tidak boleh dilakukan saat scuba diving.

Tapi di mana ini berfokus pada perilaku umum sehari-hari, artikel ini akan fokus pada hal-hal yang dapat Anda lakukan (atau lebih tepatnya, tidak boleh dilakukan) selama menyelam.

1. Jangan pegang hewan

Ditegaskan saat menyelam dan bertemu biota laut, jangan coba untuk mencoba pegang penyu, ikan, terumbu karang, dan sebagainya. Kalau baru pemula, sebaiknya ikuti saran instruktur dan patuhi aturan lainnya. Ingat ya, jangan sampai lisensi Anda dicabut hanya gara-gara masalah kecil karena pelanggaran.

2. Jangan injak terumbu karang

Karang tumbuh perlahan dan membentuk potongan-potongan unik. Namun dalam beberapa waktu, tumbuhnya akan baik dsn hasilnya cantik. Janganlah sengaja merusak terumbu karang yang mengalami proses pertumbuhan. Anda bisa menjadi pemutus ekosistem laut yang bisa berbahaya.

3. Jangan beri makan hewan sembarangan

Jangankan memberi makan hewan, menyentuh saja tidak boleh. Bahayanya malah Anda bisa digigit. Padahal sangat langka jika Anda ingin menemui hewan-hewan tersebut. Sebaiknya khusus bagi pemula ikuti instruktur yang lebih mengerti kondisi sekitar.

4. Mengambil karang atau benda lain yang jadi ekosistem laut

Jika Anda menemukan sampah boleh diambil dan disimpan untuk dibuang. Tapi kalau mengambil karang atau ekosistem lainnya jangan. Penyelam yang cerdas seharusnya menjaga isi keindahan laut yang mempesona. Alih-alih, perbuatan Anda yang salah itu bisa membawa petaka. [DP]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *