4 Hewan Yang Tidak Pernah Lepas Dari Mitos Hingga Saat ini

BERITA LIVE – Masyarakat Indonesia hingga kini masih mempercayai kisah-kisah mistis. Tak hanya sekadar menyangkut tempat atau benda tertentu, ada pula hewan yang dikaitkan dengan mitos dan hal gaib. Alasannya karena hewan itu memiliki rupa yang diyakini mengandung misteri. Salah satunya karena berwarna hitam.

Beberapa hewan itu antara lain burung hantu, ayam cemani, gagak hitam, kucing hitam, dan anjing hitam. Berikut penjelasan terkait hewan-hewan tersebut dari berbagai sumber.

1. Burung hantu

Sudah sejak lama masyarakat mengaitkan burung hantu dengan kematian. Masyarakat Jawa percaya bila burung hantu berada di dekat rumah, maka tak lama ada sanak saudara yang meninggal. Mereka menganggap burung yang beraura mistis itu merupakan burung pemanggil arwah. Kepercayaan lainnya yang tak kalah menyeramkan adalah jika seseorang menirukan suara burung hantu tapi tidak ada jawaban, maka orang tersebut akan menjemput ajal dalam hitungan hari

2. Ayam Cemani

Ayam ini sering dikaitkan dengan kekuatan mistis. Maka tak heran bila ayam Cemani sering dijadikan tumbal dalam ritual seperi ruwatan, penglaris, pengobatan, pembangunan gedung, dan masih banyak lagi. Ayam berwarna hitam ini dipercaya bisa membuat ritual berjalan lancar karena dianggap sebagai pembawa hoki dan sesajen. Mitos yang berkembang, daging, tulang, serta darah yang berwarna hitam dari ayam sangat disukai oleh makhluk halus seperti jin, iblis, dedemit, dan lainnya.

3. Gagak hitam

Tak hanya warnanya yang menyeramkan, gagak hitam termasuk hewan yang misterius karena tidak jelas waktu kedatangannya. Namun sebenarnya banyak masyarakat yang tidak mengharapkan kedatangan hewan tersebut. Sebab bila burung gagak hitam datang, maka menjadi pertanda akan ada orang yang akan meninggal. Kebanyakan orang percaya burung ini bisa mencium aroma mayat atau aroma orang yang akan meninggal dalam radius jauh. Selain itu, burung gagak hitam dipercaya bisa memanggil genderuwo.

4. Kucing hitam

Pernah mendengar tentang mitos jika menabrak kucing lalu ditinggalkan akan timbul bencana? Atau pernah mendengar cerita bahwa kucing hitam berkaitan dengan dunia mistis? Ya, hal itu masih dipercaya oleh masyarakat hingga sekarang. Berdasarkan cerita turun temurun, kucing hitam merupakan jelmaan dari penyihir jahat dan diidentikkan dengan pembawa sial. [DP]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *