4 Langkah Mudah Mengusir Kecoak Yang Ada Dirumah Kalian!

BERITALIVE-Mendengar kata ‘kecoak,’ sebagian dari Anda mungkin bergidik. Ya, binatang satu ini memang menjijikkan sekaligus pembawa bibit penyakit.

Hama ini sangat menyukai tempat yang kotor sehingga sering terpapar ribuan kuman atau bakteri berbahaya. Menurut dokter Kartika Mayasari dariĀ KlikDokter, sejumlah organisme dan penyakit dibawa oleh hewan ini.

Mulai dari salmonellosis, demam tifoid, kolera, gastroenteritis, disentri, kusta, campylobacteriosis, listeriosis dan giardia. Kecoak juga bisa memicu asma dan alergi lainnya, serta menyebarkan E.coli, staphylococcus aureus dan streptococcus, jelas Kartika.

Nah, jika Anda sering kesal dengan serangga ini dan ingin mengusirnya dari rumah, simak panduan dan langkah mengusir kecoak berikut ini. Jika Anda konsisten melakukannya, bukan mustahil, kecoak tidak akan datang ke rumah Anda lagi.

1. Singkirkan makanan pengundang kecoak

Kecoak hanya masuk ke dalam rumah demi mendapatkan apa yang mereka inginkan, yaitu makanan. Oleh karena itu, jagalah kebersihan ruangan-ruangan di rumah Anda dari sisa makanan yang tercecer, baik di meja maupun lantai.

Bersihkan remah-remah dan hindari menyisakan makanan, begitu juga dengan wadah-wadah air minum. Gelas, mangkuk air hewan peliharaan, genangan air di pot bunga, pipa bocor, spons basah, bahkan handuk adalah tempat favorit kecoak mencari makan.

Menjaga kebersihan rumah dari sisa makanan dan minuman, selain membantu mengurangi sebaran penyakit dari kecoak, juga merupakan cara halus untuk mengusir binatang tersebut.

2. Bersihkan rumah dari barang bekas

Selain makanan, ada pula faktor yang harus Anda perhatikan, yakni kumpulan barang bekas. Setumpuk koran, kardus, atau bahkan tempat sampah yang penuh bisa menjadi sarang kecoak yang nyaman. Segera bersihkan barang-barang tersebut dari dalam rumah, sebelum kecoak menjadikannya tempat berkembang biak.

3. Perhatikan celah di setiap sudut rumah

Lakukan yang terbaik untuk memeriksa rumah Anda, demi menemukan kemungkinan titik masuk kecoak. Periksa setiap sudut rumah, terutama daerah gelap atau lembap seperti di bawah wastafel, dalam lemari, atau belakang kulkas.

Kencangkan perekat khusus ke area-area tersebut. Benda ini akan menjebak setiap kecoak yang mencoba merayap masuk. Setelah itu, Anda bisa melakukan penanganan yang lebih profesional, seperti memperbaiki celah dengan semen atau benda sejenis.

4. Buat perangkap

Asam borat dan perangkap umpan adalah dua alat yang bagus untuk dicoba. Keduanya diketahui efektif melawan kecoak, dan lebih aman daripada semprotan atau kabut. Kombinasi asam borat dan perangkap dapat membatasi paparan pestisida alias racun serangga.

Anda dapat mengoleskan bubuk asam borat langsung ke celah atau retakan dinding. Ketika hewan tersebut memakan umpan, mereka akan kembali ke tempat persembunyian, mati, lalu disantap kecoak lain. Kecoak kanibal ini akan ikut terpapar racun yang sebelumnya ada di mangsanya.

Sekarang Anda sudah memiliki sederet tips mengusir kecoak yang bisa dilakukan dengan mudah dan murah di rumah. Ingat, sedapat mungkin, hindari pemakaian cairan serangga. Karena dengan menghindari penggunaan cairan serangga, kesehatan saluran napas Anda dan keluarga juga akan lebih terjaga. Selamat mencoba!

RW.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *