4 Tpis Agar Perut Tidak Kembung Saat Menstruasi

BERITA LIVE – Saat menstruasi, tubuh wanita yang akan bisa saja yang mengalami perubahan hormon dan hal ini bisa saja yang akan memberi banyak dampak pada tubuh, salah satunya adalah perut kembung. Perut pasti tak akan nyaman jika kembung karena terasa penuh dan juga sesak. Belum lagi jika harus memakai baju yang pas di tubuh, bisa jadi perut tampak buncit. Tak ingin perut kembung yang merusak penampilanmu kan?

Ini yang sekian cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir perut kembung saat menstruasi.

1. Makan makanan berprotein dan kalium tinggi

Makanan yang mengandung kalium tinggi seperti buah pisang, melon, tomat dan asparagus. Mineral ini akan membantu membuang kelebihan gas yang terjebak di dalam perut, ujar Isabel Smith, R.D., ahli diet dari New York. Begitu pula untuk makanan berprotein tinggi seperti tahu, tempe, dan telur yang mampu menurunkan hormon penyebab perut kembung.

2. Hindari makanan penyebab gas

Sayuran hijau semacam brokoli, kembang kol, kol, selada dan berbagai jenisnya bisa memicu pembentukan gas di perut sehingga sebaiknya hindari dulu. Lebih banyaklah makan karbohidrat untuk menjaga pencernaan.

3. Jangan berhenti olahraga

Olahraga justru dibutuhkan ketika kamu menstruasi karena bisa menjaga perut agar tidak kram, melatih tubuh sehingga peredaran darah lancar dan yang paling penting adalah melancarkan metabolisme pencernaan sehingga perut tidak menahan gas di dalam.

4. Kurangi makanan manis

Karbohidrat bisa mengandung gula, namun jangan kelebihan mengonsumsi gula saat menstruasi. Karena gula justru bisa memicu kembung dan produksi gas berlebih. Kurangi juga segala makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan.

Peri kembung saat menstruasi memang membuatmu tak enak makan dan membuat perut begah, jadi lebih baik kamu melakukan sekian cara di atas agar tidak kembung meski sedang menstruasi, ladies. (rt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *