4 Tpis MUdah Untuk Mencegah Asma Bisa Kembali Kambuh

BERITA LIVE – Asma bisa saja yang terjadi kapan saja dan di mana saja. Anda tidak bisa mengetahui kapan asma akan muncul. Asma yang kambuh tiba-tiba bahkan tidak hanya membuat Anda kalang kabut, tapi juga orang lain yang di sekeliling Anda. Tenang dulu. Simak berbagai macam cara di bawah ini untuk mencegah asma kambuh.

Tips dan cara mudah mencegah asma kambuh

1. Gunakan peak flow meter
Peak flow meter adalah alat untuk melihat pergerakan dan fungsi paru-paru. Alat ini menjadi salah satu rekomendasi dari para ahli untuk mengendalikan asma.

Peak flow meter dapat digunakan di rumah dengan mudah. Cukup dengan menghirup napas seperti biasa lalu hembuskan ke dalam rongga alat ini. Semakin tinggi angka yang keluar dari peak flow meter artinya semakin bagus skor fungsi pernapasan Anda terkait jumlah aliran udara dalam jalan napas.

Ketika Anda pertama kali didiagnosis memiliki asma, dokter akan meminta Anda untuk menggunakan peak flow meter setiap hari selama 2-3 minggu.

Kebanyakan rencana tindakan asma dibuat berdasarkan bacaan peak flow Anda. Berdasarkan bacaan tersebut, Anda bisa mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi asma Anda.

2. Biasakan bernapas lewat hidung
Saat melakukan aktivitas berat atau olahraga, Anda mungkin tanpa sadar menarik dan buang napas lewat mulut. Namun, ternyata cara ini bisa memicu asma kambuh.

Mulut tidak memiliki rambut dan rongga sinus seperti hidung yang dapat melembapkan udara yang masuk. Udara kering dan dingin yang masuk ke paru akan memicu penyempitan saluran napas sehingga Anda sulit bernapas dengan baik.

Dengan membiasakan bernapas melalui hidung, Anda akan menjaga udara yang terhirup tetap hangat dan lembap sehingga Anda bisa mencegah asma kambuh.

3. Hindari pemicu asma
Ada banyak hal yang bisa memicu asma kambuh. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui apa yang bisa memicu asma Anda kambuh, agar Anda bisa menghindarinya.

Pada umumnya hindari asap rokok, debu, asap bahan kimia, hingga serbuk kayu dan juga serbuk sari yang melekat di pepohonan jika Anda punya asma. Ketika terhirup sampai paru-paru, hal tersebut bisa memicu kambuhnya asma.

4. Rutin minum obat sesuai resep
Sebaiknya bawa obat-obatan asma Anda setiap Anda pergi keluar rumah untuk berjaga-jaga mengatasi kambuhnya asma yang bisa terjadi kapan saja.

Selain itu, usahakan rutin minum obat untuk mengontrol asma dan jangan menghentikan dosisnya tanpa sepengatahuan dokter Anda, meski gejala asma Anda sudah membaik. {rt}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *