4 Trik Pilih Semangka Biar Dapat yang Matang

4 Trik Pilih Semangka Biar Dapat yang Matang

Berita Live – Semangka memang menjadi salah satu buah yang nikmat disantap saat udara panas. Selain segar, semangka memang kaya akan vitamin dan mineral.

Tapi, pastinya kamu akan kesal ketika mengetahui bahwa semangka yang kamu beli ternyata belum matang. Nah, daripada kandung kesal, ada tips cerdas memilih semangka matang yang dilansir dari The Daily Meal:

Pilih bentuk buah semangka

Ketika Anda memilih semangka, hindari buah semangka yang terlihat penyok atau bentuknya tak sempurna. Anda harus memilih satu buah dengan kulit tak penyok atau rusak.

Angkat buahnya

Semangka yang matang akan terasa lebih berat dari semangka yang belum matang. Semangka yang lebih berat ini merupakan indikator bahwa buah mengandung air lebih banyak (tidak kering dan tak ada rasa). Bandingkan semangka satu dengan yang lainnya pilihlah yang lebih berat.

Ketuk Sisi Buah

Teknik mengetuk sisi semangka merupakan cara paling populer yang diketahui banyak orang. Ketuk semangka dengan jari dan dengarkan bunyinya. Suara yang terpendam menandakan bahwa buahnya belum matang. Sedangkan suara yang nyaring dan ringan menandakan buahnya sudah matang.

Pilihlah yang terdapat sisi kuning

Sisi kuning pada satu sisi permukaan kulit semangka menunjukkan semangka sebagai titik tanah saat tumbuh dan tingkat kematangan. Semakin kuning sisi itu berarti menandakan kematangan buah. Hindari semangka yang berwarna pucat atau putih, karena menunjukkan semangka ini dipanen belum pada pada masanya atau tidak matang.

( lc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *