5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Perlu Baper Saat Dikritik Orang Lain

BERITA LIVE-

Dalam menjalani hidup, setiap manusia pasti gak akan terlepas dari yang namanya menerima kritik maupun saran dari orang lain. Hal tersebut tidak dapat terelakkan karena terkadang ada seseorang yang suka blak-blakan dalam melontarkan komentarnya terkait dirimu.

Jangan mudah baper terhadap kritik pedas tersebut karena di balik itu semua pasti ada makna tersirat yang akan membuat hidupmu lebih baik. Ada beberapa alasan masuk akal mengapa kamu gak mudah baper saat dikritik orang lain. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini.

1. Ingatlah bahwa gak ada orang yang sempurna di dunia ini

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Perlu Baper Saat Dikritik Orang Lain

Tidak dapat dimungkiri bahwa di dunia ini gak ada manusia yang sempurna. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ketika ada orang yang mengkritikmu, sebenarnya hal tersebut lumrah terjadi karena kamu belum sempurna.

Cobalah untuk menerima segala kritik yang mereka lontarkan kepadamu agar kamu bisa menjadi lebih baik lagi. Tidak usah sakit hati atau pun baper karena hal itu demi kebaikanmu sendiri meskipun agak menyakitkan jika didengar.

2. Terkadang kritik tersebut dilontarkan agar kamu bisa lebih baik lagi

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Perlu Baper Saat Dikritik Orang Lain

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa semua kritik yang diucapkan orang lain kepadamu itu anggaplah sebagai media pembangun. Terkadang kamu butuh kritik dari orang lain agar bisa menjadi lebih sempurna dari sebelumnya.

Namun yang harus diingat adalah bahwa kamu perlu memfilter beberapa perkataan tak sedap. Hal tersebut perlu digunakan agar kamu tidak tersulut emosi sehingga terjadi pertengkaran. Maka dari itu mulai sekarang jadilah orang yang penyabar dalam mengadapi segala rintangan.

3. Dengan banyaknya kritik yang diterima, kamu akan menjadi manusia berkualitas

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Perlu Baper Saat Dikritik Orang Lain

Setiap orang pasti ingin menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumhya. Hal tersebut akan mudah terealisasi jika banyaknya kritik yang dilontarkan kepadamu. Semakin banyaknya media pembangun, maka akan semakin berkualitas pula kehidupanmu.

Kamu pasti akan banyak belajar dari berbagai kesalahan yang telah dilalui kemarin. Ingatlah bahwa guru terbaik di hidup ini adalah sebuah pengalaman. Kamu akan menjadi manusia yang cukup berkualitas jika banyak pengalaman dilalui semasa hidumu.

4. Kamu gak bisa memaksakan bahwa semua orang harus suka denganmu

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Perlu Baper Saat Dikritik Orang Lain

Salah satu hal yang wajib diketahui dalam menjalani hidup adalah kamu gak bisa memaksa semua orang untuk suka terhadapmu. Terkadang banyak orang yang iri dengan pencapaianmu sekarang. Alhasil mereka pun berusaha sekuat tenaga agar kamu terjatuh.

Orang seperti itu biasanya tidak senang terhadap keberhasilan yang kamu raih. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa jika ada orang yang menkritikmu secara berlebihan, anggaplah hal tersebut senagai hal lumrah. Jangan terlalu terbawa perasaan meskipun kata-katanya begitu menyakitkan karena semuanya hanya omong kosong belaka.

5. Setiap orang pasti memiliki parameter kebenarannya masing-masing

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Perlu Baper Saat Dikritik Orang Lain

Tidak ada kebenaran yang bersifat mutlak di dunia ini kecual sebuah pengetahuan. Hal itu terjadi karena setiap orang pasti memiliki perspektif masing-masing dalam melihat sebuah fenomena yang ada. Ketika sebuah hal menurutmu baik, belum tentu orang lain akan menganggapnya sama.

Begitupula dengan hidup ini, kamu gak bisa memaksakan semua orang memiliki parameter kebenaran yang sama denganmu. Ketika ada orang yang mengkritikmu, jangan keburu makan hati. Cobalah ambil beberapa hal baik dan buang yang buruk demi keberlangsungan hidupmu.

Menahan emosi ketika ada seseorang yang mengkritikmu memang sangat sulit untuk dilakukan. Namun cobalah untuk lebih bersabar dalam menjalani hidup karena segala sesuatu yang terjadi itu pasti ada hikmahnya.

(Sl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *