5 Buah yang Berkhasiat Meningkatkan Imunitas Tubuh, Bisa Jadi Alternatif Pencegahan Covid-19

BERITA LIVE –  Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh terdiri dari sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang berfungsi secara baik. Sistem imun yang baik berfungsi melindungi tubuh dari serangan berbagai virus, bakteri, dan juga jamur. Oleh karena itu, membangun sistem imun tubuh menjadi hal yang penting.

Wabah Covid-19 yang masih menjadi pandemi saat ini juga menyerang sistem imun tubuh manusia. Selain sistem pernapasan, sistem imun tubuh yang lemah memudahkan virus Covid-19 masuk dan menginfeksi serta menyebabkan beberapa komplikasi didalam tubuh.Resep Koki Medan 

Penting bagi kita untuk menjaga kondisi imun setiap hari agar tidak terinfeksi, salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Buah-buahan memiliki banyak serat dan vitamin yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Berikut  akan membagikan informasi 5 buah yang berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari infeksi Covid-19. Simak daftar buahnya berikut ini.

Buah Jeruk

Tak Banyak yang Tahu, Serabut Putih pada Buah Jeruk Ternyata ...

Buah yang berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya adalah buah jeruk. Sudah bukan rahasia lagi jika buah jeruk mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan interferonnya merupakan protein yang dapat melindungi tubuh dari serangan virus.

Selain itu, vitamin C juga merupakan nutrisi penting yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih untuk memerangi infeksi yang ada didalam tubuh. Kandung lain yang berpengaruh terhadap sistem imun yakni, antioksidan yang juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi jeruk secara rutin.

Rasanya yang asam dan manis menjadikan buah ini sebagai salah satu buah yang banyak dikonsumsi orang. Kamu bisa menikmati buah ini dengan berbagai cara, bisa dimakan langsung atau dibuat menjadi jus buah.

Buah Semangka

Konsumsi semangka baik bagi ibu hamil - ANTARA News Kalimantan ...

Selain jeruk, semangka juga merupakan buah yang berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yakni, glutathione. Glutathione berfungsi melawan infeksi yang ada didalam tubuh dan memebantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif.

Rajin mengkonsumsi buah semangka juga dapat membantu tubuh anda agar tidak cepat merasa lelah dan mendapatkan cukup energi untuk beraktivitas. Tentunya manfaat tersebut sangat dibutuhkan dalam kondisi saat ini karena salah satu gejala Covid-19 adalah kelelahan.

Hal baik lainnya tidak terdapat natrium dan lemak didalam buah semangka. Selain senyawa untuk meningkatkan imunitas, semangka juga memiliki segudang nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh yakni, vitamin A, B6, C, serta asam amino.

Buah Blueberry

100+ Blueberries Pictures | Download Free Images on Unsplash

Buah blueberry juga ternyata mampu meningkatkan imunitas tubuh karena kaya akan senyawa flavonoid. Flavonoid berperan penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernapasan. Banyak penelitian membuktikan bahwa asupan flavonoid mencegah orang mengalami saluran infeksi pernapasan.

Mengingat Covid-19 menyerang saluran pernapasan, asupan ini pasti akan sangat membantu kesehatan tubuhmu dari bahaya infeksi virus. Selain flavonoid, blueberry juga kaya akan vitamin C, K, dan juga mangan yang melimpah yang berkhasiat mengobati berbagai jenis penyakit.

Blueberry bisa kamu konsumsi dalam bentuk jus maupun dicampurkan ke makanan yang lain seperti salad. Buah blueberry sendiri biasanya merupakan buah yang sering dijadikan pelengkap atau topping pada makanan-makanan manis.

Buah Kiwi

Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Pria - FaktualNews.co

Buah yang berasal dari China ini sangat berkhasiat unruk meningkatkan sistem imun tubuh. Walaupun ukurannya kecil, tetapi buah ini memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Bahkan di negara asalnya, buah kiwi dijadikan sebagai buah wajib untuk pengobatan.

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi dan menjaga seluruh organ tubuh berfungsi dengan baik. Adapun kandungan lainnya yang tidak kalah penting terdapat pada buah ini diantaranya, folat, kalium, dan vitamin K.

Buah yang biasanya menjadi campuran salad ini juga mampu melindungi tubuh kita dari gejala-gejala influenza seperti demam, batuk, dan pilek. Sangat baik dikonsumsi oleh lansia dan anak-anak. Mengkonsumsi kiwi secara rutin juga merupakan investasi kesehatan tubuh jangka panjang.

Buah Alpukat

Buah Alpukat Obat Paling Mantap untuk Penyakit Kolesterol ...

Terakhir, buah yang berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh ialah alpukat, buah yang seringkali dianggap dapat menyebabkan kegemukan ini ternyata memiliki kandung vitamin E yang tinggi. Setengah potongnya setara dengan 2mg vitamin E.

Vitamin E sendiri diketahui mengandung antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas hingga memperlambat kerusakan sel dan melancarkan sirkulasi darah. Selain itu, rajin mengkonsumsinya dapat mengurangi berbagai risiko penyakit seperti, penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker tertentu.

(AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *