5 Cara Sederhana Mengobati Sariawan di Rumah

BERITA LIVE-

Di bulan Ramadhan seperti sekarang ini, masalah sariawan merupakan masalah yang paling sering dialami terutama oada mereka yang sedang berpuasa.

Munculnya sariawan ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti stres, luka di mulut, alergi makanan, siklus haid, terlalu banyak antibiotik, atau minuman asam. Dilansir dari Healthypro, berikut sejumlah cara mudah untuk mengobati sariawan.

1. Berkumur dengan air garam

Hasil gambar untuk 1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan menggunakan air garam bisa menjadi cara mudah untuk menyembuhkan luka sariawan ini. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali sehari untuk menyembuhkan luka sariawan.

2. Konsumsi Yogurt

Hasil gambar untuk 2. Konsumsi Yogurt

Yogurt memiliki manfaat untuk mengontrol keseimbangan bakteri yang ada pada mulut dan tubuh. Konsumsi minuman menyehatkan ini bisa mempercepat penyembuhan terhadap luka dari sariawan.

3. Gunakan Ramuan Tradisional

Gambar terkait

 

Terdapat beberapa ramuan tradisional yang bisa kamu buat sendiri untuk mengobati sariawan ini. Kamu bisa menggunakan lidah buaya, ekstrak biji anggur, hidrogen peroksida, jus plum, minyak pohon teh dan air hangat yang dicampur garam.

4. Bawang Putih dan Pepaya

Hasil gambar untuk 4. Bawang Putih dan Pepaya

Selain ramuan untuk berkumur, kamu juga bisa membuat ramuan yang dioleskan pada luka sariawan dan membantu mempercepat proses penyembuhannya. Gunakan bawang mentah, pepaya atau kantong teh yang langsung dioleskan pada luka sariawan.

5. Gunakan Baking Soda

Hasil gambar untuk 5. Gunakan Baking Soda

Baking soda dapat digunakan untuk mengobati sariawan ini dengan cara menghilangkan bakteri di mulut serta mengurangi rasa sakit. Campurkan soda dengan air dan gunakan sebagai obat kumur atau pasta gigi untuk melapisi luka sariawan.

6. Minum Vitamin

Hasil gambar untuk 6. Minum Vitamin

Memperbanyak konsumsi vitamin bisa membantu menyembuhkan luka sariawan serta mencegah munculnya luka lain. Kamu bisa konsumsi vitamin B, vitamin C, zat besi dan asam folat untuk menyembuhkan sariawan ini.

(SL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *