5 Jenis Minuman yang Paling Sehat Dikonsumsi Pagi Hari

Memulai hari dengan segar dan semangat sangatlah mempengaruhi kegiatan sepanjang hari. Untuk minuman yang sehat di pagi hari, BERITA LIVE punya daftarnya.

Banyak saran mengenai apa yang sebaiknya diminum di pagi hari. Mulai dari air putih sampai teh hijau.

Tidak sepenuhnya salah, karena minuman itu memang baik untuk kesehatan. Namun seperti apa urutan minumannya dan apa saja jenisnya, mari kita cari tahu.

1. Minum air putih meski tidak haus

Menurut ahli nutrisi bernama Vicki Shanta Retelny, kamu mungkin tak merasa haus di pagi hari namun penting sekali untuk tetap mengonsumsi air putih setelah bangun tidur.

Selama berjam-jam lamanya tubuh sudah tertidur dan beristirahat tanpa mendapat asupan air sama sekali. Maka dari itu, meminum air yang cukup setelah bangun tidur seperti mengaktifkan tubuh itu sendiri.

Dengan membiasakan diri minum air putih saat bangun tidur, ini akan jadi kebiasaan baik yang menyehatkan tubuh. Saat rutin melakukannya, tubuh akan lebih cepat segar dan merasa aktif.

2. Bisa dilanjutkan dengan minum teh

Apapun jenisnya, mengonsumsi teh di pagi hari bisa menjadi kebiasaan baik. Ini dikarenakan rutin minum teh bisa menurunkan kemungkinan diabetes dan menjaga gula darah tetap baik.

Polyphenol yang ada di dalam teh ternyata mempengaruhi cara kerja insulin di tubuh. Selain itu, teh juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Baik itu teh hitam, teh bunga, atau teh hijau, sama-sama baik untuk kesehatan. Begitu juga dengan penyajiannya, baik itu hangat atau dengan es, tak masalah.

Yang harus diperhatikan adalah konsumsi teh tanpa gula dan tambahan pemanis sejenis.

3. Kopi bisa jadi penyemangat yang baik

Setelah minum cukup air putih setelah bangun tidur, kini kamu bisa mengonsumsi minuman lainnya.

Salah satu minuman yang disarankan saat pagi hari adalah kopi. Terutama bagi kamu yang bisa lebih semangat setelah minum kopi.

Minuman ini tak masalah dikonsumsi saat pagi hari dan malahan bisa membuat hari lebih bersemangat dan berjalan lebih luar biasa.

Namun yang harus diperhatikan lagi adalah berapa banyak gula yang terkandung di dalam kopi harian. Akan sangat baik jika tidak mengonsumsi kopi krim manis setiap hari.

Jika kamu tak suka dengan kopi hitam, maka latte bisa jadi pilihan. Dalam seminggu, cukupkan minum kopi manis sebanyak maksimal 3 kali saja.

4. Jus sayur dan buah jadi pilihan sehat

Jika kamu adalah orang yang senang mengonsumsi jus atau smoothie di pagi hari, maka kamu sudah ada di jalur yang benar. Jus sayur dan buah sangat penting untuk membantu memulai hari yang aktif.

Kamu bisa memilih banyak sayuran hijau dan tambahkan dengan buah favorit yang memiliki rasa kuat. Beberapa jenis sayuran hijau yang bisa dipilih adalah bayam, pakcoy, brokoli, atau kale.

Sayuran hijau mengandung tinggi zat besi yang membantu mengantarkan oksigen ke dalam sel yang mampu membuat tubuh lebih cepat aktif di pagi hari.

Sementara untuk pilihan buahnya bisa nanas, apel hijau, stroberi, pisang, atau buah naga. Buah yang manis dan memiliki rasa tajam membuat jus lebih nikmat tanpa harus menambah gula lagi.

(Sl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *