5 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Jerawat Makin Parah

BERITA LIVE – Jerawat merupakan masalah kulit yang biasa terjadi pada perempuan dan seringkali membuat penampilan kulit wajah menjadi kurang menawan. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Keberadaannya pada wajah bisa menyebabkan efek gatal dan perih dalam kondisi tertentu, tidak heran jika banyak orang kini amat memerhatikan kesehatan kulit wajah bahkan memakai banyak produk untuk menghilangkan masalah jerawat.

Namun, segala usahamu akan nampak sia-sia ketika kamu memiliki kebiasaan buruk yang dapat memperparah kondisi jerawat. Kebiasaan-kebiasaan ini ternyata berpengaruh erhadap pertumbuhan jerawat dan jarang disadari sering dilakukan oleh perempuan. Resep Koki Medan

Untuk itu, kali ini akan mengulas 5 kebiasaan buruk yang menyebabkan jerawat makin parah. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mencuci Wajah Tidak Sampai Bersih

Panduan 7 Langkah Mudah Cara Mencerahkan Wajah untuk Kamu Si Pemalas |  Kawaii Beauty Japan

Kebiasaan buruk yang menyebabkan jerawat makin parah dan banyak ialah ketika kamu tidak mencuci wajah dengan bersih. Wajah dengan makeup perlu dibersihkan ketika kamu sudah selesai dengan aktivitas mu.

Pastikan kamu selalu membersihkan wajah setelah beraktivitas atau mengenakan makeup pada wajah. Bersihkan wajah secara maksimal. Kamu bisa menghilangkan riasan di wajah terlebih dahulu untuk menghilangkan makeup, lalu mencuci wajah dengan sabun wajah yang cocok untuk mengangkat kotoran-kotoran yang masih menempel.

Menyentuh Area Wajah yang Berjerawat

10 Kebiasaan Buruk Bikin Jerawat Makin Parah!5 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Jerawat Makin Parah

Kebiasaan buruk kedua yang menyebabkan kondisi jerawat makin parah dan banyak ialah ketika kamu sering menyentuh area wajah yang berjerawat. Meskipun kamu merasa risih, sebaiknya hindari menyetuh area wajah yang sedang berjerawat. Hal ini karena kondisi tanganmu yang bersentuhan dengan ribuan bakteri dan tidak bisa mencuci tangan setiap saat.

Tangan kotor yang menyentuh wajah terutama jerawat, akan mentransfer bakteri, minyak, dan partikel kotoran ke wajah, sehingga jerawat akan muncul lebih banyak. Maka dari itu, selalu jaga kebersihan tangan dan hindari menyentuh jerawat di wajah.

Penggunaan Kosmetik yang Tidak Cocok dengan Kulit Wajah

7 Ciri-ciri Bahwa Kosmetik yang Kamu Gunakan Tidak Cocok

Ketiga, kebiasaan buruk yang juga dapat membuat kondisi jerawat semakin parah dan banyak ialah penggunaan produk makeup sehari-hari. Jenis kulit wajah setiap orang berbeda-beda, mulai kering, berminyak, lembap, sensitif, dan lain sebagainya. Pemilihan jenis makeup yang sesuai dengan jenis kulit akan memperkecil risiko jerawat semakin parah.

Kebalikannya, penggunaan produk makeup yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah justru akan memperparah kondisi jerawat. Untuk itu, penting mengenali jenis kulit agar tak salah memilih produk makeup.

Jarang Keramas dan Membersihkan Rambut

Benarkah Keramas Setiap Hari Tak Baik Bagi Rambut? - Womantalk

Selanjutnya, kebiasaan buruk keempat yang menyebabkan kondisi jerawat makin parah ialah ketika kamu jarang keramas dan membersihkan rambut. Jangan sampai melewatkan keramas, terutama bagi kamu yang memiliki rambut berminyak.

Sebab minyak pada kulit rambut dapat meresap ke wajah, sehingga membuat jerawat semakin banyak. Usahakan kamu mencuci rambut setiap hari untuk mencegah kelebihan minyak pada wajah, terumata pada bagian dahi.

Mengoleskan Krim Jerawat

Kenali Jenis Kulitmu, 9 Rekomendasi Krim Wajah Ini Cocok untuk Kulit  Sensitif dan Berjerawat

Terakhir, kebiasaan buruk yang menyebabkan kondisi jerawat makin parah ialah ketika kamu mengoleskan krim jerwat pada wajah. Sebagian orang berpikiran bahwa dengan hanya mengoleskan krim atau obat anti-jerawat pada bagian jerawatnya saja akan menghilangkannya dengan maksimal.

Namun, ternyata cara tersebut adalah kesalahan. Untuk mencegah jerawat menyebar, alangkah baiknya kamu mengikuti pola saat mengoleskan krim anti jerawat. Pola mengoleskan krim pada wajah gunakan telunjuk membuat lingkaran pada mata, untuk wajah kamu bisa melakukan gerakan ke atas melawan gravitasi, jangan tarik wajahmu ke bawah.

(AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *