5 Manfaat Dari Santan

5 Manfaat Luar Biasa dari Santan

BERITALIVE – Santan berasal dari daging kelapa yang diparut, kemudian diperas. Ini banyak digunakan untuk menambah kelezatan masakan.

Terlepas dari perannya sebagai bahan dapur, santan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ini adalah sumber magnesium, tembaga, zat besi, dan mangan, serta vitamin C, folat, selenium dan mineral lainnya. Tapi santan juga tinggi lemak jenuh tertentu. Itulah sebabnya mengapa ini hanya bisa dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Berikut manfaat kesehatan dari santan:

1. Melindungi jantung
Santan memang memiliki kandungan lemak yang tinggi, tapi ini dianggap sebagai lemak “baik” yang dapat membantu menstabilkan kesehatan jantung. Lebih khusus lagi, penelitian telah menemukan bahwa konsumsi santan dalam jumlah sedang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Dengan demikian ini bisa mencegah perkembangan aterosklerosis, dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

2. Meningkatkan fungsi syaraf
Berbagai mineral yang ditemukan dalam santan memiliki efek penting pada tingkat elektrolit dalam tubuh. Cairan elektrolit dalam tubuh Anda sangat dibutuhkan agar sistem syaraf mencapai bagian tubuh yang lain, termasuk semua otot dan sel. Dengan mengoptimalkan kadar elektrolit Anda dengan santan, fungsi otot dan aktivitas sistem saraf secara keseluruhan akan bekerja lebih baik.

3. Menurunkan berat badan
Jenis spesifik asam lemak yang ditemukan dalam santan mampu meningkatkan metabolisme dalam beberapa cara, serta menekan rasa lapar. Dengan meningkatkan pembakaran kalori pada tingkat pasif, santan dapat membantu Anda menurunkan berat badan bahkan ketika Anda tidak berolahraga.

4. Mengatasi sembelit
Sifat anti-inflamasi alami dari santan akan membantu mengurangi ketidaknyamanan perut dan bahkan membantu mempromosikan gerakan usus yang lebih baik, sehingga mengurangi gejala sembelit.

5. Meningkatkan sirkulasi darah
Santan adalah sumber zat besi, yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Santan dapat meningkatkan aliran darah dan oksigenasi ke area-area tubuh yang paling membutuhkan sumber daya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *