5 Manfaat Minum Air, Apa Saja?

5 Manfaat Minum Air, Apa Saja?

Berita Live – Minum air dalam jumlah yang cukup adalah aturan pertama kesehatan dan nutrisi. Tubuh kita seharusnya bisa bertahan berminggu-minggu tanpa makanan, namun hanya beberapa hari tanpa air.

Ini masuk akal ketika Anda menyadari bahwa tubuh kita terdiri dari sekitar 60% air dan dehidrasi dapat memengaruhi kita baik secara fisik maupun mental.

Dikutip dari BBC good food, komposisi nutrisi yang tepat dari segelas air Anda akan bergantung pada sumbernya. Mineral dan mata air, yang biasanya berasal dari reservoir bawah tanah dan mata air, dapat memberikan nutrisi tambahan dalam bentuk mineral seperti kalsium dan magnesium.

Lalu apa saja manfaat minum air bagi kesehatan?

1. Dapat meningkatkan daya ingat dan suasana hati

Penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi ringan sekalipun dapat merusak ingatan dan suasana hati setiap orang dari anak-anak hingga orang tua. Hidrasi berdampak pada otak, serta tubuh, dan penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi ringan pun dapat berdampak negatif pada suasana hati dan dapat meningkatkan kecemasan.

2. Dapat membantu menjaga kesimbangan berat badan

Otak sebenarnya tidak bisa membedakan antara lapar dan haus, sehingga sering kali kita salah mengira haus sebagai ‘keinginan gula’. Sebaiknya jika Anda merasa perlu sesuatu yang manis, cobalah segelas air terlebih dahulu.

Tetap terhidrasi juga dapat membantu menjaga berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat membuat Anda lebih kenyang dan karenanya meningkatkan penurunan berat badan dengan menekan nafsu makan. Ini juga dicatat dalam studi tahun 2015 di mana minuman diet ditukar dengan air. Hasil penelitian menunjukkan hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan yang lebih besar dan meningkatkan resistensi insulin.

3. Dapat meningkatkan kinerja olahraga

Ada banyak penelitian tentang efek hidrasi atau dehidrasi pada atlet, dan hasilnya cukup banyak menyimpulkan bahwa dehidrasi tidak hanya memengaruhi kinerja olahraga tetapi juga fungsi fisiologis.

4. Dapat mencegah sembelit

Air membantu menjaga sistem pencernaan. Jadi tetap terhidrasi dapat membantu mencegah sembelit pada anak-anak, orang dewasa dan orang tua.

5. Dapat mendukung kesehatan sistem saluran kemih

Hidrasi yang buruk dapat meningkatkan risiko berkembangnya, atau kambuhnya batu ginjal. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum air dalam jumlah yang cukup dapat mengurangi risiko infeksi kandung kemih dan infeksi saluran kemih, termasuk sistitis, pada wanita.

( lc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *