5 Manfaat Sabun Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Ketahui Pula Efek Sampingnya

BERITA LIVE – Salah satu sabun kecantikan yang sering dipakai oleh banyak perempuan untuk menjaga kesehatan kulitnya ialah sabun pepaya. Sabun pepaya adalah sabun alami yang bisa kamu gunakan di seluruh bagian tubuh, termasuk wajah.

Sabun pepaya dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit. Sabun ini juga dapat mengurangi munculnya bintik-bintik hitam atau bekas luka. Sabun biasa juga dapat membersihkan dan menghilangkan kotoran. Tapi penggunaan sabun biasa mungkin bisa terlalu keras untuk kulit, sehingga menghilangkan minyak alami.

Beberapa sabun juga mengandung deterjen sintetis dan bahan lain yang tidak hanya akan membersihkan kotoran, tetapi juga kelembapan alami pada kulit. Hal ini dapat memperburuk kondisi kulit dan dapat memunculkan jerawat, psoriasis, dan rosacea, sehingga meningkatkan kekeringan dan gatal. Resep Koki Medan

Oleh karena itu, menjadi penting untuk kamu tahu informasi manfaat dan efek samping dari pemakaian sabun pepaya. Dilansir dari Merdeka.com, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat sabun pepaya bagi kesehatan kulit beserta efek sampingnya. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Menyamarkan Flek Hitam dan Mencerahkan Kulit Wajah

14 Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami, Ampuh dalam Waktu  Singkat - Hot Liputan6.com

Manfaat sabun pepaya yang pertama yaitu untuk menghilangkan flek hitam dan mencerahkan kulit. Sabun pepaya cukup terkenal karena khasiatnya dalam mencerahkan kulit.

Dengan sabun pepaya, flek hitam akan hilang hanya dalam beberapa minggu. Sabun ini dapat meminimalkan produksi melanin tubuh yang merupakan penyebab utama dari penggelapan kulit kita.

Tidak hanya mencerahkan warna kulit, tetapi yang lebih penting adalah meratakannya sehingga kamu tidak memiliki area gelap di wajah, ketiak, atau siku dan meminimalkan perubahan warna yang disebabkan oleh bekas luka.

Mempercepat Eksfoliasi Pada Kulit dan Mencegah Timbulnya Jerawat

5 Masalah yang Bisa Timbul Pada Kulit Wajah Jika Melakukan Eksfoliasi  Berlebihan - Beauty Journal

Manfaat sabun pepaya yang ketiga yaitu untuk membantu pengelupasan kulit dan mencegah jerawat. Saat kamu menggunakan sabun pepaya, enzim papain yang merupakan bahan alami dalam buah pepaya, akan membantu mengangkat kulit mati.

Kulit mati bisa membuat kulit kering sehingga menimbulkan rasa gatal dan kasar. Eksfoliasi juga penting dilakukan agar tidak ada unsur asing seperti kotoran dan partikel debu yang terperangkap di kulit.

Kotoran dan debu ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo. Melalui penggunaan sabun pepaya setiap hari, jerawat dan bekas luka akan diminimalkan dan akan membantu proses pengelupasan kulit sehingga kulit menjadi lebih lembut, lebih putih dan bebas jerawat.

Meredakan Jerawat

8 cara ampuh menghilangkan jerawat

Terakhir, manfaat yang kelima dari sabun pepaya ialah dapat meredakan jerawat. Manfaat ini merupakan kelanjutan efek dari proses eksfoliasi atau pengelupasan kulit, sehingga juga dapat membuka pori-pori yang didukung oleh sel kulit mati dan produksi sebum berlebih.

Baca Juga : Resep Cara Membuat Ayam Gongso Yang Enak

Jerawat muncul ketika kulit mati dan sebum tidak segera hilang. Inilah sebabnya, melalui penggunaan sabun pepaya secara teratur, jerawat dapat dihindari dan kamu dapat mencegah munculnya ruam dan jerawat tersebut.

Efek Samping Pemakaian Sabun Pepaya

Efek Samping Saat Pakai Sabun Pepaya Palsu

Sabun pepaya mungkin memiliki banyak manfaat untuk kulit, namun menarik untuk diketahui bahwa sabun pepaya juga memiliki efek samping.

Dikutip dari Healthline, sabun pepaya bisa tidak cocok untuk semua jenis kulit, terutama orang dengan kulit yang sensitif dan kering, karena kemampuannya dalam pengelupasan kulit, dapat mengeringkan dan mengencangkan kulit. Tetapi menggunakan pelembab wajah yang baik atau lotion pelembab pasti dapat melawan efek ini dan menyeimbangkan tingkat pH pada kulit.

Sebelum menggunakan sabun pepaya untuk pertama kali, uji sabun tersebut pada sebagian kecil kulit. Hentikan penggunaan jika muncul tanda-tanda reaksi alergi, seperti benjolan, bengkak, gatal, atau kemerahan.

(AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *