5 Manfaat Tepung Tapioka untuk Kecantikan dan Kesehatan

BERITA LIVE –┬áTepung tapioka atau tepung kanji merupakan bahan dasar dalam pembuatan makanan. Tepung yang satu ini terbuat dari ekstrak atau sari pati umbi singkong, sehingga tepung ini juga disebut sebagai tepung singkong.

Tepung tapioka ini sering kali digunakan dalam pembuatan bubur kacang hijau, cireng, cilok, bakso aci, siomay dan lain-lain. Tepung tapioka ini bisa membuat tekstur makanan menjadi lebih kenyal saat digigit. Resep Koki Medan

Ternyata tepung tapioka ini memiliki kandungan selenium, tembaga, kalsium, mangan, zat besi, vitamin B6, asam folat, panthothenic, vitamin, protein dan karbohidrat yang tentunya sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut 5 manfaat tepung tapioka yang jarang diketahui untuk kecantikan dan kesehatan, dilansir dari Brilio.net:

Mencerahkan Kulit

8 Manfaat tepung tapioka untuk kecantikan & kesehatan, ce

Tepung tapioka memiliki manfaat yang sangat baik untuk kecantikan, karena tepung tapioka ini bisa membantu mencerahkan kulit yang menggelap karena paparan sinar matahari, mencerahkan bekas jerawat dan membantu menyamarkan flek hitam karena proses penuaan dini.

Tepung tapioka bisa dijadikan masker wajah. Caranya dengan mencampurkan 20gram tepung tapioka dengan 20gram bubuk kacang hijau. Lalu di aduk bersamaan dengan satu sendok teh madu. Setelah itu aplikasikan pada kulit wajah dan diamkan selama 20 hingga 30 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

Meregenerasi Sel Kulit

Berbagai Manfaat Dari Tepung Kanji Yang Jarang Diketahui | Andrygmv.net

Manfaat tepung tapioka untuk kecantikan yang selanjutnya, yaitu bisa membantu meregenerasi kulit. Karena tepung tapioka memiliki sifat sebagai eksfoliator, sehingga bisa membantu mengangkat sel kulit mati.

Satu sendok teh tepung tapioka bisa dicampur dengan setengah kuning telur dan 3 stroberi. Lalu diaplikasikan di wajah, dan di diamkan selama 15 menit, gosok pelan-pelan dan bilas dengan air hangat.

Mengatasi Biang Keringat

Manfaat Tepung Beras untuk Wajah, Mampu Atasi Jerawat hingga Kulit Keriput - Tribunnews.com Mobile

Manfaat tepung tapioka yang selanjutnya bisa untuk menyembuhkan biang keringat. Biang keringat biasanya terjadi pada bayi dan anak-anak.Biang keringat ini bisa menimbulkan gatal dan kulit kemerahan.

Untuk menyembuhkan biang keringat, tepung tapioka bisa dibasahi terlebih dahulu hingga berbentuk pasta. Setelah itu aplikasikan ke kulit yang mengalami biang keringat, biarkan hingga kering dan bersihkan dengan air dingin.

Mengontrol Tekanan Darah

Inilah Manfaat Tepung Tapioka untuk Tubuh. Benarkah Lebih Sehat?

Selain untuk menjaga kecantikan kulit, tepung tapioka memiliki manfaat untuk mengontrol tekanan darah. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan serangan jantung, stroke hingga menyebabkan kematian.

Tepung tapioka memiliki kandungan potasium yang merupakan mineral, yang bisa membantu mengurangi stres, mengatasi ketegangan pembuluh darah, melancarkan aliran darah dan mengurangi tekanan pada kardiovaskular.

Mengatasi Flu

Ini Manfaat Tepung Beras Bagi Kesehatan | JYB MEDIA

Manfaat tepung tapioka yang terakhir adalah membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti flu atau demam, yang biasanya disebabkan karena terinfeksi virus.

Cara untuk mencegah sakit flu ini, bisa dengan menggunakan 12 gram tepung tapioka yang dicampur dengan sedikit gula dan air. Lalu aduk hingga larut dan minumlah ramuan tersebut.

(AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *