5 Manfaat Ubi Ungu Yang Kaya Akan Antioksidan

Berita Live – Ubi ungu sering di sebut  juga dengan ubi jalar yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Ubi ungu merupakan salah satu sumber makanan pokok yang penting. Makanan ini biasanya di jadikan makanan pengganti nasi, yang bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh.

Ubi ungu memiliki tekstur seperti kentang saat di masak dan memiliki rasa yang manis dan gurih. Biasanya, ubi ungu juga banyak di gunakan untuk menjadi bahan dasar berbagai kreasi makanan.

Hal ini di karenakan ubi ungu memiliki rasa yang lezat dan mengandung banyak vitamin, mineral, dan juga antioksdian yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain beberapa hal yang sudah di sebutkan, ubi ungu juga memiliki manfaat lain, seperti :

Kaya Antioksidan

See the source image

Ubi ungu merupakan makanan yang kaya antioksidan, termasuk anthocyanin dan vitamin c. Antioksidan sendiri berfungsi unuk melindungi sel – sel dari kerusakan yang di sebabkan oleh virus radikal bebas. Mengutip dari helathline, penelitian mengatakan bahwa kandungan anthocyanin, cyanidin dan peonidin dalam ubi ungu dapat mengurangi pertumbuhan beberapa jenis kanker seperti :

• Kanker Usus Besar

• Kanker Paru Paru

• Kanker Prostat

Membantu Mengelelo Gula Darah

Ubi ungu terbukti mengandung flavonoid yang membantu menurunkan gula darah bagi para penderita diabetes tipes 2. Ekstrak ubi ungu yang kaya flavonoid mengurangi stres oksidatif dan resistensi insulin dengan melindungi sel – sel penghasil insulin di hati.

Membantu Menurunkan Risiko Asma

Kandungan antioksidan yang tinggi, dan beberapa vitamin di kaitkan mampu menurunkan resiko asma.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

See the source image

Tekanan darah tinggi merupakan faktor utama terjadinya serangan jantung dan stroke. Maka dengan mengonsumsi ubi ungu, maka dapat membantu mengurangi tekanan darah rendah sehingga mampu menghindari resiko tersebut.

Menjaga Kesehatan Usus

Ubi ungu mengandung karbohidrat kompleks dan sumber pati yang baik dan tahan terhdap pencernaan. Di lansir dari lama helalthline sebuah peneleitian menunjukan bahwa pati resisten dari ubi ungu meningkatkan jumlah Bififobacterua sejenis bakteri usus yang menguntungkan, dalam simulasi lingkungan usus besar. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit radang usu dan kanker usu.

{cr}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *