5 Pencurian Terbesar Oleh Hacker

BERITALIVE –  Hacking merupakan kegiatan untuk memasuki sistem lewat sistem operasional lain yang dijalankan dan dibuat oleh hacker. Tujuannya untuk mencari bugs pada sistem yang akan dimasuki dan mendapat keuntungan dari situ.

Hacker tidak main-main dalam menjalankan aksinya. Sejarah mencatat bahwa hacker bisa jadi siapa saja dan keuntungan yang didapat sangat fantastis. Apa saja ?

1. Phonemaster – 1994

Sekumpulan hacker bernama Phonemasters, berhasil membobol kartu telepon panggilan internasional kurang lebih 1,85 juta USD pada tahun 1994. Mereka baru bisa ditangkap 5 tahun kemudian.

 

2. Citibank / Vladimir Levin – 1995

Diperkirakan 10 juta USD sudah diretas oleh Vladimir Levin, sesudahia berhasil membobol sistem keamanan IT Citibank New York, Amerika Serikat/ Ia berhasil ditangkap setelah diselidiki FBI.

 

3. Mafiaboy – 2000

Merupakan nama alias dari hacker yang bernama Michael Calce yang berhasil mengeluarkan Project Rivolta, yaitu sebuah sistem yang merusak sistem yang membuat traffic website perusahaan besar seperti Yahoo!, Fifa.com, Amazon, Dell, eBay, dan CNN. Michael berhasil meraup 1,2 miliar USD.

 

4. Operation Get Rich – 2005

Alberto Gonzalez dan gengnya berhasil meretas 140 juta kartu kredit memakai SQL Injections untuk meretas WiFi perusahaan besar. dari satu perusahaan, Gonzalez berhasil mendapat 250 juta USD. Ia kemudian dihukum 20 tahun penjara.

 

5. Iceman – 2007

Max Ray Butler merupakan hacker yang paling jago menyamar. Siang hari ia bekerja sebagai konsultan keamanan IT yang bahkan jasanya dipakai FBI dan ketika malam ia bekerja sebagai hacker profesional dengan nama Iceman. Ia berhasil membobol 2 juta kartu kredit dengan jumlah yang ia gunakan sebanyak 86 juta USD.

 

(IAW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *