6 Alasan Kulit Wajah Tampak Kusam dan Tips Merawatnya

BERITA LIVE –  Kulit kusam bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, jangan khawatir, masalah kulit wajah kusam bisa kamu atasi dengan beberapa tips perawatan.

Dilansir dari allure.com, berikut ini adalah beberapa alasan kulit wajah kusam dan tips untuk merawatanya. Penasaran?

Sel kulit mati

Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati Secara Alami ~ Tips Kesehatan Dan  Kecantikan

Kulit melepaskan jutaan sel kulit mati setiap hari, sehingga jika kamu tidak aktif menghilangkannya, sel tersebut tidak akan lepas secara alami. Sel kulit mati dapat menyebabkan tampilan kulit kusam.

Solusinya, lakukan eksfoliasi dengan lembut, sekali atau dua kali dalam seminggu. Scrub dengan gula atau jojoba cukup lembut digunakan, bahkan untuk kulit sensitif. Resep Koki Medan

Sedangkan peeling menggunakan asam alfa dan beta hidroksi dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Sudah pernah coba?

Udara

7 Alasan Pori Wajahmu Membesar dan Cara Menguranginya | BukaReview

Udara yang tercemar mengandung sejumlah partikel kecil, seperti kotoran dan sulfur dioksida yang menciptakan radikal bebas pada kulit. Radikal bebas merusak kolagen dan menstimulasi produksi pigmen dari waktu ke waktu, sehingga ketika warna dan tekstur kulit tidak merata, kulit akan terlihat kusam.

Solusinya, cuci muka secara rutin pada malam hari. Polusi bisa menyebabkan peradangan dan mengganggu pelindung kulit, sehingga penting untuk tidak melewatkan cuci muka sebelum tidur. Di pagi hari, gunakan serum dan lotion yang mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan idebenone untuk meminimalisir kerusakan akibat radikal bebas yang akhirnya membuat kulit kusam.

Stres

Teh Hijau Bisa Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati - DokterSehat

Deadline pekerjaan dan kualitas tidur yang buruk bisa menyebabkan kadar kortisol naik, membuat kulit tampak kusam. Solusinya, cobalah pijat wajah saat kamu membersihkannya atau mengaplikasikan pelembap. Ini adalah cara yang bagus untuk menstimulasi aliran darah yang menambah kilau dan mengencangkan kulit.

Dehidrasi

5 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati yang Menumpuk Pada Wajah - Facetofeet.com

Tanpa kelembapan, kulit akan terlihat kusam. Hilangnya hidrasi dari bawah permukaan kulit akan menyebabkan penurunan ketebalan kulit.

Solusinya, gunakan serum asam hialuronat untuk mendorong kelembapan jauh ke dalam kulit. Lapisi dengan emolien yang kuat, seperti setil alkohol atau dimetikon. Emolien membuat lapisan tipis dan transparan di atas permukaan kulit, membantu sel-sel kulit tetap rata dan memantulkan cahaya dengan lebih baik.

Kekurangan nutrisi

5 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati yang Menumpuk Pada Wajah

Mineral adalah faktor penting untuk membentuk antioksidan alami tubuh, melindungi komponen kulit yang sehat dan bercahaya. Jadi, penting untuk mendapatkan jumlah nutrisi harian yang dibutuhkan dari makanan.

Solusinya, konsumsi multivitamin harian, seperti selenium, tembaga, besi, dan seng. Jumlah nutrisi yang dibutuhkan masing-masing orang tergantung pada usia dan jenis kelamin, sehingga penting untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Paparan sinar matahari

Begini Cara Benar Angkat Sel Kulit Mati di Wajah - Tribunnews.com Mobile

Hiperpigmentasi dapat menyebabkan kulit kusam. Kerusakan akibat sinar matahari juga merupakan penyebab utama kolagen melemah dan kulit kendur.

Solusinya, jangan lupa menggunakan tabir surya di pagi hari. Sedngkan di malam hari, gunakan produk dengan kandungan retinol untuk melindungi kolagen tidak rusak dan membantu lebih banyak protein struktural. Kamu juga menambahkan produk dengan kandungan pencerah kulit, seperti kojic acid atau arbutin.

(AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *