6 Cara Untuk Menghentikan Cegukan

BERITA LIVE – Cegukan yang datang tiba-tiba menimbulkan rasa tidak nyaman. Meski memang tida selamanya membahayakan, cegukan bisa menjadi hal memalukan. Anda tentu pernah mengalaminya bukan?

Kebanyakan orang bakal panik saat mengalami cegukan. Biasanya, cegukan diatasi dengan cara minum air putih atau menahan napas. Namun, sebenarnya ada beberapa cara ampuh menghilangkan cegukan dalam waktu singkat.

1. Menjulurkan Lidah

Saat anda cegukan, cobalah untuk menjulurkan lidah semampu anda sebagai salah satu cara menghentikannya. Menjulurkan lidah dapat merangsang bagian tenggorokan yang terhubung ke rongga hidung membuka pita suara sehingga menghentikan cegukan.

2. Menekan Telapak Tangan

Menurut situs kesehatan Reader Digest, Kanada menunjukkan menekan telapak tangan dapat mengatasi cegukan karena mengalihkan perhatian sistem saraf.

3. Terkejut

Suruhlah teman anda untuk menakut-nakuti atau mengejutkan anda dengan tiba-tiba. Cara ini dapat memenuhi saraf vagus yang dapat mengatasi cegukan.

4. Menarik Napas

Tariklah napas dalam-dalam dan mengambil udara melalui mulut tanpa menghembuskannya. Tahan beberapa saat dengan hidung yang tertutup. Lalu hembuskan jika Anda sudah tak mampu menahannya, lakukan ini beberapa kali hingga cegukan anda benar-benar hilang.

5. Menutup Telinga

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi cegukan adalah menutup telinga anda dengan jari tangan.

6. Menelan Air Sambil Menahan Napas

Sambil menahan hidung anda, cobalah untuk menelan air. Cara ini dapat membantu anda meringankan cegukan. Tak hanya minum air, makan sesendok gula juga dipercaya dapat meringankan cegukan. [DP]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *