6 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Gigi!

6 Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Gigi

BERITALIVE – Anda suka mengunyah es batu? Sudah saatnya menghentikan kebiasaan itu, agar gigi Anda tidak rusak.

Berikut beberapa kebiasaan buruk lainnya yang mesti Anda hindari, untuk menjaga kesehatan gigi;

1. Mengunyah Es
Kebiasaan ini mungkin Anda anggap tidak berbahaya. Tapi mengunyah es berisiko membuat gigi retak. Pecahan es juga bisa mengiritasi gusi Anda. Jadi kalau Anda muncul keinginan untuk mengunyah es, alihkan keinginan tersebut dan dapat digantikan dengan permen karet bebas gula.

2. Menggeretakkan gigi
Kebiasaan ini umum disebut bruxism dan bisa merusak gigi. Penyebabnya dipicu oleh stress dan biasanya terjadi ketika tidur tanpa disadari oleh penderita. Biasanya dokter gigi akan memberikan pelindung gigi berupa mouth guard yang dapat digunakan saat tidur untuk melindungi gigi Anda dari kerusakan yang lebih lanjut.

3. Makanan manis dan minuman bersoda
Makanan manis adalah musuh nomor satu gigi. Permen dan minuman soda yang banyak mengandung gula, akan menempel di gigi dan dirubah menjadi asam oleh bakteri yang dapat merusak gigi geligi anda. Hal ini dapat menyebabkan gigi Anda berlubang

4. Membuka atau menggigit sesuatu dengan gigi
Membuka tutup botol, merobek bungkus snack atau menggigit pensil  dengan gigi geligi dapat menyebabkan gigi menjadi rusak. Anda harus sadar bahwa gigi merupakan bagian dalam tubuh mempunyai fungsi pengunyahan, estetis dan bicara. Jadi ada baiknya Anda lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan gigi geligi Anda dengan menghilangkan kebiasaan buruk.

5. Minum kopi dan wine
Zat asam dalam kandungan kopi dan wine (anggur merah) dapat membuat gigi Anda berubah warna menjadi kuning dan dapat merusak email pada permukaan gigi Anda. Noda yang timbul dari konsumsi minuman tersebut dapat dibersihkan dengan bantuan dokter gigi namun kerusakan email karena asam yang berasal dari wine hanya bisa dihindari dengan mengurangi kebiasaan ini.

6. Merokok
Merokok tak hanya membuat gigi kuning dan menyebabkan penyakit gusi, tapi  juga berisiko menimbulkan kanker mulut.

RW.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *