6 Manfaat Jambu Air yang Jarang Diketahui

6 Manfaat Jambu Air yang Jarang Diketahui

Berita Live – Jambu air adalah salah satu buah tropis yang sering ditemui di daerah Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Kehadirannya sering dijumpai pada campuran rujak buah.

Rasanya yang tidak terlalu manis dan tidak terlalu asam sangat cocok untuk menyegarkan tubuh. Dalam 100 gram buah ini, 90 persennya adalah air. Sehingga bagus juga sebagai pelepas dahaga.

Dan ternyata manfaat yang diberikan jambu air tidak dapat disepelekan. Mulai dari rambut, kulit, dan pencegahannya dalam berbagai penyakit. Lantas apa saja? Simak daftarnya berikut ini seperti yang dikutip

1. Merevitalisasi tekstur kulit kepala

Dengan sifat astringent, jambu air bisa dibuat sebagai masker rambut untuk merevitalisasi tekstur kulit kepala. Campurkan dengan minyak zaitun agar memberikan tingkat kelembapan yang tinggi, menyeimbangakan pH jaringan dan mengontrol sekresi minyak berlebih.

Selain itu, antioksidan pada buah ini juga dapat mengurangi ketombe, kulit kering, dan menyembuhkan infeksi.

2. Menghaluskan kulit wajah

Jambu air diperkaya vitamin A dan vitamin C yang dapat membantu menghidrasi kulit wajah dan mengurangi kerutan.

3. Melawan radikal bebas

Kandungan vitamin C dan senyawa flavonoid pada jambu air dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Sifat antioksidan pada buah ini juga dapat secara efektif mengurangi racun dalam tubuh.

4. Mengurangi risiko stroke

Natrium dan kolesterol dalam jambu air dapat menurunkan kemungkinan stroke dan beberapa penyakit seperti peradangan, kerusakan oksidatif, dan jantung.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh

Mengkonsumsi jambu air secara rutin membantu mempercepat asimilasi karbohidrat, lemak, dan protein dalam makanan. Hal ini dapat membantu meningkatkan metabolisme dan menjaga berat badan yang optimal.

6. Menyembuhkan kram otot

Jambu air memiliki jumlah kalium yang tinggi. Ini tentu saja dapat meningkatkan kekuatan otot dan mengurangi kramnya yang sering disebabkan karena rendah kalium, natrium, dan dehidrasi.

( lc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *