6 Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Berita Live – Pisang sangat sehat dan lezat. Pisang mengandung beberapa nutrisi penting dan memberikan manfaat untuk pencernaan, kesehatan jantung dan penurunan berat badan. Selain sangat bergizi, pisang juga merupakan makanan ringan yang sangat nyaman. Berikut ini adalah beberapa manfaat pisang bagi kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui.

Banyak Mengandung Nutrisi

Pisang adalah buah yang paling populer dan memiliki banyak jenis, ukuran dan bentuk. Pisang mengandung serat yang cukup banyak, serta beberapa antioksidan. Pisang mengandung serat yang cukup banyak, serta beberapa antioksidan. Satu pisang berukuran sedang juga menawarkan banyak nutrisi. Setiap pisang hanya memiliki sekitar 105 kalori dan hampir seluruhnya terdiri dari air dan karbohidrat. Pisang mengandung protein yang sangat sedikit dan hampir tidak mengandung lemak.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat makanan telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan pencernaan. Pisang berukuran sedang memiliki sekitar 3 gram serat, membuat pisang menjadi sumber serat yang cukup baik. Pati resisten lolos dari pencernaan dan berakhir di usus besar, di mana ia menjadi makanan bagi bakteri baik di dalam usus.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Pisang memiliki kalori yang relatif sedikit. Pisang rata-rata hanya memiliki lebih dari 100 kalori, namun sangat bergizi dan mengenyangkan. Makan lebih banyak serat dari sayuran dan buah-buahan seperti pisang telah berulang kali dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium adalah mineral yang sangat penting untuk kesehatan jantung terutama untuk mengontrol tekanan darah. Meskipun penting, beberapa orang mendapatkan cukup kalium dalam makanan mereka. Pisang adalah sumber potasium yang bagus untuk tubuh. Diet kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan orang yang makan banyak kalium memiliki risiko hingga 27% lebih rendah terkena penyakit jantung.

Mengandung Antioksidan

Buah dan sayuran adalah sumber antioksidan yang sangat baik termasuk buah pisang. Pisang mengandung beberapa jenis antioksidan yang kuat termasuk dopamin dan katekin. Antioksidan ini terkait dengan banyak manfaat kesehatan, seperti penurunan risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif.

Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Kalium sangat penting untuk kontrol tekanan darah dan fungsi ginjal yang sehat. Sebagai sumber makanan potasium yang baik, pisang mungkin sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Mereka yang mengonsumsi pisang 4-6 kali dalam seminggu hampir 50% lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit ginjal daripada mereka yang tidak makan buah ini.

Sudah tidak perlu diragukan manfaat mengonsumsi pisang untuk kesehatan. Begitu banyak manfaat yang dapat kita rasakan ketika mengonsumsi pisang secara rutin.

( lc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *