6 Manfaat Mengonsumsi Jambu Air untuk Menjaga Sistem Imun Tubuh

BERITA LIVE – Jambu air adalah buah yang memiliki kandungan air yang banyak, yang bermanfaat untuk membantu menjaga sistem imun tubuh. Jambu air memiliki nama lain syzygium samarangense. Buah yang satu ini berasal dari Bangladesh di Kepulauan Solomon.

Di negara Indonesia sendiri, jambu air ini dibudidayakan dan banyak sekali ditanam di kebun rumah. Jambu air memiliki warna merah dan juga warna hijau. Jambu ini lebih banyak mengandung air daripada jenis jambu yang lainnya.

Jambu air memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, serat, kalsium, tiamin, niasin, potasium, myricetin, fenolik, flavonoid dan zat besi. Berikut beberapa manfaat dari jambu air, yang baik untuk kesehatan tubuh, dilansir Brilio.net: Resep Koki Medan

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Jangan Anggap Remeh, Jambu Air Bisa Menangkal Kanker! : Okezone Lifestyle

Manfaat mengonsumsi jambu air yang pertama adalah untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Karena jambu air memiliki kandungan vitamin C, yang bisa membantu meningkatkan produksi sel imun yang ada didalam tubuh.

Jambu air juga kaya akan kandungan antioksidan seperti flavonoid, yang bisa membantu menangkal radikal bebas, yang bisa merusak sel imun tubuh, serta menyebabkan penyakit kronis seperti kanker.

Kandungan senyawa yang ada di dalam jambu air, memiliki sifat yang antimikroba dan antijamur, yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar tidak mudah terkena penyakit yang disebabkan oleh virus, jamur atau bakteri.

Mengontrol Kolesterol

Healthy Life Article: Benefit of Jambu air (water Guava)

Di dalam tubuh terdapat dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik yang biasa disebut dengan HDL, dan kolesterol jahat yang disebut dengan LDL. Kolesterol baik bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Mengonsumsi jambu air bisa membantu mengontrol kolesterol yang ada di dalam tubuh. Agar kadar kolesterol baik lebih banyak daripada kolesterol jahat. Kolesterol yang jahat bisa menyebabkan penyakit stroke hingga jantung.

Melancarkan Detoksifikasi di Dalam Tubuh

6 Manfaat Mengonsumsi Jambu Air untuk Menjaga Sistem Imun Tubuh - Lifestyle  Fimela.com

Manfaat mengonsumsi jambu air bisa membantu melancarkan proses detoksifikasi di dalam tubuh. Sebenarnya di dalam tubuh terdapat banyak sekali racun, yang disebabkan karena faktor makanan, minuman atau polusi udara yang dihirup setiap harinya.

Detoksifikasi di dalam tubuh bertujuan untuk membuang racun, dengan cara menyerap racun, lalu didistribusikan oleh organ tubuh, yang berfungsi untuk mendetoksifikasi racun, dan membuang racun ke saluran pembuangan pada saat BAB atau buang air kecil.

Jambu air memiliki kandungan yang kaya akan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang terdapat di dalam jambu air, berfungsi untuk membantu melancarkan proses detoksifikasi tubuh, menghidrasi tubuh dan mencegah sembelit.

Mencegah Celiac

10 Manfaat Buah Jambu Air untuk Kesehatan, Konsumsi Secara Rutin - Hot  Liputan6.com

Celiac adalah penyakit autoimun yang disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Gluten bisa merusak lapisan usus kecil dan menghampat sistem kerja pencernaan. Sehingga penyakit ini bisa menyebabkan diare, lemas hingga anemia.

Gluten biasanya ditemukan didalam gandum, gandum hitam dan jelai. Mengonsumsi jambu air secara rutin, bisa membantu mengatasi dan mencegah celiac, karena jambu air memiliki kandungan senyawa yang bisa melancarkan sistem pencernaan.

Menjaga Kesehatan Mata

Jenis Jambu Air yang Ada di Indonesia - Z!

Manfaat mengonsumsi jambu air yang selanjutnya yaitu bisa membantu menjaga kesehatan mata. Karena jambu air kaya akan vitamin A. Kandungan vitamin A yang terdapat di dalam jambu air, setara dengan kandungan vitamin A yang terdapat di dalam wortel dan tomat.

Seseorang yang kekurangan vitamin A, cenderung akan mengalami gangguan kesehatan pada mata, seperti rabun jauh, rabun dekat atau penyakit mata yang lainnya.

Menjaga Kesehatan Kulit

Ini Manfaat Jambu Air untuk Wanita Hamil, Mengontrol Tekanan Darah dan  Masih Banyak Lagi - Halaman 3 - Tribun cirebon

Manfaat terakhir mengonsumsi jambu air adalah bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Karena jambu air memiliki kandungan yang bersifat antijamur, antibakteri, antiinflamasi dan juga antioksidan.

Kandungan yang terdapat di dalam jambu air, bisa membantu mengatasi kulit berjerawat, melembapkan kulit, menghidrasi kulit, menceratkan kulit dan mencegah proses penuaan dini pada kulit.

(AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *