8 Manfaat Keju untuk Kesehatan Tubuh, Konsumsi Yuk

Berita Live – Keju bisa dinikmati sebagai toping berbagai macam makanan. Dari toping pisang bakar, keju slice untuk tambahan isi sandwich, atau penambah kelezatan pizza dengan keju mozarella.

Karena berbahan dasar susu, keju memiliki banyak kandungan kalsium dan nutrisinya.

1. Bagus bagi kesehatan tulang

Kandungan kalsium, protein, magnesium, seng, juga vitamin A, D, dan K pada keju dapat membantu pertumbuhan tulang pada anak-anak dan mencegah osteoporosis pada orang dewasa.

2. Menjaga kesehatan gigi

Kalsium berperan penting dalam pembentukan gigi dan keju merupakan sumber kalsium yang baik. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi keju dapat meningkatkan tingkat pH pada plak gigi, sehingga memberikan perlindungan terhadap gigi berlubang.

3. Mencegah hipertensi

Statistik menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak keju membantu menurunkan tekanan darah, meskipun beberapa keju kaya akan lemak dan natrium. Keju juga dipercaya dapat membantu mencegah hipertensi.

Namun keju tidak direkomendasikan sebagai bagian makanan rutin bagi mereka yang ingin mengurangi kalori atau lemak.

4. Pembuluh darah yang sehat

Pada 2014, para peneliti menyimpulkan bahwa produk susu bisa menjadi sumber antioksidan yang baik, seperti glutathione. Antioksidan ini sangat penting untuk kesehatan otak dan untuk mencegah degenerasi saraf. Sifat antioksidan pada keju dapat melindungi dari efek negatif natrium, setidaknya dalam jangka pendek.

5. Mencegah kolesterol

Sebagai makanan fermentasi, keju dipercaya dapat membantu meningkatkan bakteri usus yang sehat. Hal ini berdampak positif pada kadar kolesterol darah.

6. Membantu menurunkan berat badan

Keju adalah sumber kalsium yang baik, sehingga banyak manfaatnya bagi orang-orang yang menjalani diet penurunan berat badan karena mereka cenderung memiliki kadar kalsium yang rendah.

7. Memperbaiki sistem kardiovaskular dan otak

Keju mengandung asam lemak omega-3 yang dipercaya bermanfaat bagi sistem kardiovaskular dan otak. Ini telah ditemukan pada beberapa jenis keju, terutama yang terbuat dari susu yang dihasilkan oleh sapi yang memakan rumput Alpine.

8. Perkembangan sel sehat

Sel membutuhkan protein untuk membangun dan memperbaiki. Keju mengandung protein tersebut. Namun jumlah protein yang direkomendasikan untuk setiap orang bergantung pada usia, ukuran, dan tingkat aktivitasnya.

( lc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *