9 Cara Mudah Mencegah Penularan Hepatitis A di Rumah

BERITALIVE – Kasus hepatitis A yang menyerang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) tengah ramai diperbincangkan. Parahnya, kasus ini sudah termasuk kejadian luar biasa (KLB).

Seperti diketahui, hepatitis A merupakan infeksi organ hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A.

“Kejadian luar biasa (KLB) terjadi dengan pola common source (dari orang ke orang), umumnya terjadi pada pencemaran air minum, makanan yang tidak dimasak, makanan yang tercemar, sanitasi yang buruk, hygiene (kebersihan) yang rendah,” papar Regional Coordinator di WHO South East Asia, Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K) melalui keterangan resmi yang diterima Sindonews.

Meski demikian, bukan berati penyakit ini tidak bisa dicegah. Berikut sembilan cara mencegah terserang hepatitis A menurut Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K).

1. Selalu mencuci tangan sebelum masak, sebelum makan dan setelah keluar toilet.

2. Selalu mencuci alat-alat masak dan alat-alat makan.

3. Dapur harus selalu bersih, sampah padat dan cair terkelola baik, tidak ada binatang, serangga dan lainnya.

4. Gunakan air yang bersih dan bahan makanan yang baik. Pilih bahan makanan yang segar. Pastikan proses memasak yang benar dan baik, cuci buah dan sayur dengan baik serta tidak menggunakan bahan makanan yang sudah kadaluarsa.

5. Tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang kotor dan berjamur.

6. Masak makanan hingga matang, terutama daging sapi, ayam, telur, seafood, rebus sup hingga 70°C.

7. Pisahkan bahan makanan matang dan mentah dengan menggunakan alat dapur dan alat makan yang berbeda, serta simpan di tempat berbeda.

8. Simpan makanan di suhu aman, jangan simpan makanan matang di suhu ruangan terlalu lama, masukkan makanan ke dalam lemari es bila ingin disimpan, sebelum dihidangkan, panaskan sampai lebih dari 60°C, serta jangan terlalu lama disimpan di lemari es.

9. Selalu menjaga kebersihan dan sanitasi lingkungan serta pribadi. (WS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *