9 Tips Memandikan Bayi untuk Para Ayah

BERITALIVE – JAKARTA – Peran aktif seorang ayah dalam merawat anak sejak masa awal kelahirannya sangat dibutuhkan. Ini bertujuan untuk mendukung dan memaksimalkan potensi kecerdasan anak di periode emas perkembangannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh seorang ayah untuk berperan aktif dalam merawat anak adalah dengan memandikannya.

Memandikan anak merupakan cara yang dapat meningkatkan kedekatan emosional antara ayah dan anak, menstimulasi sistem vestibular bayi, serta merupakan momen ceria yang indah dan menyenangkan antara ayah dan si kecil.

Sayangnya, tidak banyak ayah yang mau turun tangan langsung memandikan anaknya. Dengan sejuta alasan dari mulai takut, sampai tidak tahu caranya menjadi alasan untuk tidak memandikan anak.

Tapi, kini, para Ayah tidak perlu khawatir untuk memandikan anak. Ada sejumlah tips aman memandikan bayi untuk para ayah menurut praktisi neuroscoence terapan, Anne Gracia.

1. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan tangan kanan dalam beraktivitas, Anda dapat memengan anak dengan tangan kiri. Sedangkan tangan kanan dipergunakan untuk membasuh air dan sabun.

2. Angkat anak Anda menggunakan tangan kiri dan pegang kepala bagian belakangnya.

3. Letakkan tangan kanan bayi Anda di tangan kiri Anda. Hal ini berguna untuk mengunci posisi, dengan posisi ini, tidak akan terjatuh.

4. Letakkan jari tengah tangan kiri Anda di bagian leher bayi Anda. Jari manis dan kelingking diletakkan di ketiak sang anak.

5. Angkat anak secara perlahan ke dalam bak mandi yang telah terisi air.

6. Basuh tubuh anak dengan menggunakan tangan kanan.

7. Miringkan sedikit posisi anak untuk membasuh tubuh bagian belakang.

8. Jika sudah selesai, angkat anak dan letakkan di atas handuk yang telah disiapkan. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan suhu tubuhnya.

9. Untuk menghangatkan tubuhnya, gunakan minyak dan bedak. (WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *