Agar flash disk awet terus

BERITALIVE – Pernah kita mengalami hal semacam ini,”Bro pinjam flash disk dong buat mindain data doang, flash disk gua rusak nih”. Hal itu biasanya menjadi alasan untuk kita mau berbagi meminjamkan flash disk ke teman kita.Padahal sebetulnya kita was-was kalau flash disk kita rusak atau terjangkit virus.

Kita ketahui saat ini flash disk adalah media penyimpanan data yang cukup digemari banyak kalangan. Karena ukuran yang relatif kecil dan mudah dibawa. Selain itu bisa menyimpan banyak data tentu saja menjadi alasan yang utama untuk lebih memilih flash disk. Hingga saat ini kapasitas penyimpanan yang paling besar sampai 1TB.

Terkadang kita terlalu meremehkan dan ‘sembrono’ dalam menggunakan flash disk, karena harganya yang relatif terjangkau. Tidak memikirkan bagaimana merawat dan menggunakannya dengan baik. Ada beberapa tips yang sangat mudah untuk merawat flash disk Anda. Biasanya masalah terbesar media penyimpanan atau storage adalah ketika data yang kamu simpan tidak terbaca atau perangkat penyimpanan Anda tidak terdeteksi. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat harddisk maupun flashdisk.

1. Yang pasti selalu hindarkan perangkat dari air, debu maupun panas. Ini akan merusak komponen dalam perangkat. Sama seperti perangkat elektronik yang lain perangkat penyimpanan seperti harddisk, flashdisk rentan rusak apabila terkena air.

2. Jauhkan dari barang yang mengandung magnet. Hal ini memungkinkan flash disk atau harddisk, karena gelombang magnet akan mengganggu kinerja perangkat elektronik.

3. Bila menggunakan flash disk pada computer windows jangan lupa untuk meng “Eject” sebelum mencabutnya dari soket. Caranya klik kanan, akan muncul beberapa pilihan dan pilih “Eject”. Bila Anda menggunakan Linux usahakan melakukan klik ”Un-mount” terlebih dahulu.

4. Hindarkan flash disk dari benturan keras atau terjatuh, ini berlaku untuk semua benda elektronik.

5. Jangan terlalu sering melakukan format, fasilitas format yang sering dilakukan dapat menyebabkan kerusakan pada flash disk Anda dengan lebih cepat.

6. Hindari membaca file langsung dari flash disk, misalnya mengedit data, menonton film sebaiknya tidak dilakukan langsung membaca file di dalam flash disk, sebaiknya anda mengkopinya terlebih dahulu. Bila membaca langsung dari flash disk menyebabkan mengalami cepat panas dan sangat mudah sekali mengalami kerusakan.

7. Selalu kelompokkan isi file dengan teratur pada folder untuk mengurangi beban baca flash disk.

8. Beri gantungan agar mudah dicari dan mudah ditemukan dan jangan menghilangkan tutup flash disk. Karena bermanfaat menjaga komponen agar tidak terkena kotoran dan debu yang bisa merusak.

Nah, bila hal diatas dilakukan secara rutin maka umur flash disk Anda akan panjang. Jangan meremehkan karena data Anda di dalam flash disk mungkin saja sangat penting. Silahkan mencoba. (Dari berbagai sumber(WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *