Agar kuota mobile internet tak cepat habis

BERITALIVE –¬†Terkadang tak sadar kita merasa boros dalam menggunakan paket data. Padahal baru beberapa hari kemarin membeli. Bila ditelisik, ternyata tidak sepenuhnya salah kita. Ada aplikasi yang diam-diam memakan kuota paket data.

Misalnya saja, Instagram. Instagram ini termasuk aplikasi yang memakan kuota besar. Melebihi aplikasi lain.

Menariknya, persoalan ini ditangkap baik oleh Google. Berdasarkan riset dari Google, kebanyakan masyarakat Indonesia khususnya para pengguna ponsel menginginkan ada semacam aplikasi yang bisa mengontrol pemakaian kuota internetnya.

Bagi para pengguna ini penting, karena mereka tak ingin kuota cepat habis yang berdampak pula terhadap keuangannya.

Tentang itu, Google pun merilis produk terbarunya, yakni Datally. Datally ini merupakan aplikasi Android untuk membantu pengguna ponsel mengontrol data yang berujung penghematan kuota.

“Kami ingin menciptakan produk yang bisa membantu masyarakat Indonesia memaksimalkan potensi internet. Ini alasan kami membuat Datally,” ungkap VP Tim Next Billion Users Google, Caesar Sengupta saat berbincang-bincang dengan awak media di kantor Google Indonesia, Kamis (30/11).

Aplikasi ini pertama kali diluncurkan khusus di Indonesia. Setelah diluncurkan di republik ini, barulah serentak di seluruh dunia. Menurut Caesar, selain Indonesia yang memiliki karakter menginginkan hemat kuota data, ada juga India, Brasil, dan Filipina.

“Jadi Indonesia untuk yang pertama dan akan hadir di pasar global dalam beberapa jam ke depan,” ungkapnya.

Ada empat fitur utama di Datally yang didesain sesuai kebutuhan pengguna ponsel di Indonesia. Pertama, fitur penghemat kuota. Fitur Penghemat Kuota di Datally memungkinkan penggunanya mengontrol kuota yang digunakan oleh setiap aplikasi, sehingga kuota bisa dimaksimalkan pada aplikasi yang Anda sukai.

Kedua, Balon Penghemat Kuota. Setelah Penghemat Kuota diaktifkan, balon Penghemat Kuota di Datally akan muncul. Balon ini akan menampilkan jumlah penggunaan kuota terhadap sebuah aplikasi, dan pengguna bisa memilih untuk memblokir penggunaan kuota di aplikasi tersebut jika penggunaan kuota sudah mulai tak terkendali.

Ketiga, Fitur Kelola Data. Datally akan memberitahu Anda jika sebuah aplikasi
menggunakan kuota dalam jumlah yang banyak, serta berapa banyak kuota yang Anda gunakan per hari, per minggu, hingga per bulan.

Dan yang keempat adalah fitur temukan Wi-fi. Fitur Temukan Wi-Fi di Datally dapat membantu menemukan jaringan Wi-Fi di sekitar yang telah dinilai oleh komunitas Datally. Setelah terhubung, pengguna dapat memberikan rating Wi-Fi yang digunakan berdasarkan pengalamannya sendiri.

SC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *