Agar Mood Tetap Baik, Konsumsi Makanan Ini Pada Saat Sarapan

BERITA LIVE – Setiap makanan punya khasiat sehat bagi tubuh. Termasuk membuat mood jadi lebih baik. Jangan lupa masukkan bahan makanan ini dalam menu sarapanmu.

Saat suasana hati atau mood buruk, biasanya selera makan ikut turun. Tetapi tak boleh berlarut karena bisa mengganggu kesehatan. Sebaliknya, pilih bahan makanan yang berperan dalam membuat mood jadi lebih baik.

Riset juga membuktikan adanya korelasi antara makanan dan kesehatan mental. Mood memang dipengaruhi oleh banyak faktor. Seperti stress, lingkungan, kurang tidur hingga kekurangan nutrisi tertentu.

Meskipun tak bisa sepenuhnya mengandalkan makanan untuk perbaiki mood, tetapi beberapa makanan bisa menjaga kesehatan otak dan membangkitkan semangat.
Dirangkum dari Healthline (5/2) dan berbagai sumber, makanan ini baik dikonsumsi di pagi hari untuk membangkitkan mood yang baik.

Pisang

Hasil gambar untuk Pisang
Buah berkulit kuning dengan aroma harum dan rasa empuk manis ini banyak dipilih buat menu sarapan. Pisang kaya akan vitamin B6 yang membantu transmisi syaraf akan perasaan senang. Seperti halnya dopamine dan serotonin.

Satu buah pisang ukuran besar mengandung 16 gra gula dan 3.5 gram serat. Jika keduanya bersinergi makan gula akan lebih lambat dilepas dalam aliran darah sehingga gula darah menjadi stabil dan mood bisa dikontrol lebih baik. Gula darah yang rendah juga membuat moos jadi naik turun.

Pisang yang masih mentah merupakan sumber prebiotik yang bagus. Sejenis serat yang bisa memberi asupan pada bakteri sehat di dalam usus yang berkaitan dengan tingkat perubahan mood. Sebaiknya konsumsi pisang dalam keadaan segar sebagai buah atau pelengkap menu sarapanmu.

Kacang dan bijian

Hasil gambar untuk Kacang dan bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan dengan protein nabati dan lemak sehat serta serat yang menyehatkan. Keduanya memasok tryptopahan, asam amino yang bertanggung jawab menciptakan serotonin yang bisa membangkitkan mood.

Sebagai contoh, almond , kacang mete, dan kacang tanah, biji bunga matahari, biji labu dan walnut merupakan sumber mineral dan vitamin yang baik. mampu menurunkan tingkat stress.

Sementara jenis kacang tertentu seperti almond, pine nut dan brazil nut merupakan sumber selenium dan zinc yang baik. Kekurangan 2 mineral ini bisa mengganggu fungsi otak yang dikaitkan dengan tingkat depresi. Sebaiknya konsumsi dalam keadaan mentah atau dipanggang.

Oats

Hasil gambar untuk Oats
Oats juga populer sebagai menu sarapan sehat. Biasanya dinikmati dengan susu, oatmeal, granola atau overnight oats. Bijian ini merupakan sumber serat yang baik, tiap 80 gram oats mengandung 8 gram serat.

Serat membantu menurunkan proses mencerna karbohidrat dan secara perlahan melepaskan gula dalam darah untuk menjaga energi tetap stabil. Dalam sebuah studi disebutkan bajwa meraka yang mengonsumsi 1.5 – 6 gram serat saat sarapan dilaporkan punya mood dan energi lebih baik.

Oats juga kaya akan zat besi. Dalam 80 gram oats mengandung 19% kebutuhan harian. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia yang berkaitan dengan kelelahan, daya konsentarsi turun dan mood yang buruk.

Buah berry

Hasil gambar untuk Buah berry
Sudah sejak lama orang tahu bahwa mengonsumsi banyak buah dan sayuran berkaitan dengan tingkat depresi yang rendah. Buah berry seperti strawberry, nlue berry merupakan jenis berry yang banyak dikonsumsi saat sarapan.

Buah berry mengandung antioksidan dan phenolic, nutrisi yang berperan penting dalam menumpas stres oksidatif yang buruk bagi tubuh. Buah yang asam segar ini mengandung anthocyannin, pigmen yang membuat berry berwarna ungu biru. Menurut studi, mengasup banyak anthocyanins membuat risiko terkena depresi turun 39%.

Jenis buah berry bisa dikonsumsi berselingan tiap hari dalam keadaan segar atau dibuat jus. Jika tak ada yang segar, beli saja yang dalam keadaan beku. Buah yang dalam puncak kematangan dan dibekukan mengandung nutrisi yang hampir penuh. Karenanya kandungan antioksidannya juga tinggi.

Maka Itu beberapa makanan yang bisa menjaga mood kalian selama 1 harian, konsumsi sekarang juga ya pada saat sarapan agar kalian tetap Good Mood Terus. (GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *