Alasan Mengapa Harus Memiliki Rekening Tabungan Lebih dari Satu

BERITA LIVE-

Berapakah jumlah rekening tabungan yang kamu miliki saat ini? Mungkin kamu salah satu orang yang termasuk punya rekening lebih dari satu. Memiliki rekening lebih dari satu ternyata menjadi salah satu solusi untuk finansial kita lho.

Tapi, apa pentingnya sih punya rekening lebih dari satu? Berikut ini adalah alasan kenapa kamu harus memiliki rekening tabungan lebih dari satu.

1. Mengatur kebutuhan hidup

Manajemen keuangan itu sangat perlu untuk diri sendiri. Kondisi finansial kita sebisa mungkin harus bisa selalu tertata rapi, dengan begitu kamu lebih mudah untuk mengatur kebutuhan hidup. Dengan memisahkan antara rekening untuk pengeluaran sehari-hari dengan rekening tabungan dan lainnya, kamu jadi semakin mudah mengatur pemakaian uang dan kebutuhan hidup.

2. Menahan keinginan belanja yang tidak perlu

Salah satu cara paling ampuh untuk menjaga tabunganmu adalah dengan menjauhkannya dari jangkauanmu sendiri. Agar kamu tidak mudah mengutak-atik tabunganmu sendiri, maka kamu perlu split tabunganmu. Shingga kamu tidak tergiur untuk menggunakannya untuk keperluan belanja atau pembelian kebutuhan yang tidak terlalu penting dan mendesak. Dengan begitu tabunganmu akan selalu terjaga aman.

3. Membantu mengatur keuangan

Harta yang kita punya pastinya harus dijaga dengan baik. Salah satu cara menjaganya adalah dengan menjaga cashflow kita sendiri. Jangan sampai kita setiap bulannya malah kekurangan hanya karena pengelolaan uang yang tidah benar.

Membagi-bagi rekening sesuai fungsi dan kebutuhan adalah cara yang tepat untuk mengatur keuanganmu. Bila kamu memiliki rekening khusus untuk tabungan, pengeluaran sehari-hari, tabungan darurat hingga investasi, maka kamu sudah menuju ke arah kemapanan finansial.

4. Mempersiapkan dana darurat dan masa depan

Kita memang hidup di masa sekarang, namun bukan berarti kita tidak memikirkan masa depan kita bukan? Bagaimana pun juga kita harus menyiapkan dana darurat juga dana untuk masa depan kita, karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri kita di masa yang akan datang.

5. Rencana menabung jadi lebih terukur

Meski terlihat mudah namun pada praktiknya menabung itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh niat, tekad, kekonsistenan juga komitmen untuk melakukannya. Punya rekening tabungan yang berbeda-beda untuk keperluan menabung dan pengeluaran akan sangat membantumu untuk lebih konsisten menabung. Dengan begitu usaha kita untuk menabung jadi lebih teratur dan juga target jadi lebih cepat tercapai.

(Sl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *