Alasan Mengapa Perlu Makan Timun Setiap Hari

BERITA LIVE – Mentimun menjadi salah satu bahan makanan yang sangat serbaguna. Mentimun dapat dijadikan sebagai camilan, tambahan di dalam salad, dan memberikan rasa yang enak di dalam roti lapis.

Mentimun juga sering sekali dijadikan sebagai lalap, dijadikan acar, bahkan digunakan sebagai masker wajah. Namun, mentimun ternyata tidak hanya sehat dan enak, tapi juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut deretan manfaat yang bisa didapatkan dari mentimun.

1. Membantu Menghidrasi Tubuh

Ada saat di mana kamu mungkin tidak bisa minum lebih dari lima gelas air dalam satu hari. Untungnya, ada cara lain yang bisa membantumu agar tetap terhidrasi.

Salah satu caranya adalah dengan cara memakan mentimun setiap hari. Kandungan yang ada di dalam mentimun, sebagian besar terdiri dari air.

Bahkan 90% kandungan di dalamnya adalah air. Memakan mentimun jelas adalah cara yang enak dan mudah untuk membantumu tetap terhidrasi.

2. Baik Bagi Usus

Mentimun juga mengandung serat alami. Itulah yang membuatnya menjadi kombinasi yang baik bagi orang-orang yang memiliki masalah pencernaan.

Mentimun juga mengandung enzim yang bisa memecah protein. Enzim tersebut dapat membantumu mencerna makanan yang mengandung banyak protein dan sulit dicerna, seperti daging dan ikan.

3. Bisa Dijadikan Sebagai Camilan

Mentimun sangat enak jika dijadikan sebagai camilan. Mentimun tidak membuat ketagihan, berbeda halnya dengan makanan ringan ataupun cokelat.

Ini karena, mentimun tidak mengandung lemak atau gula. Kamu juga tidak perlu khawatir jika memakan mentimun dalam porsi yang banyak.

Sayuran ini sangat rendah kalori sehingga tidak akan menambah berat badan meskipun kamu memakannya dalam porsi yang banyak.

4. Membuat Nafas Lebih Segar

Jika kamu memiliki masalah bau mulut, cobalah untuk memakan beberapa mentimun untuk membantu menguranginya. Ini karena, mentimun memiliki efek mendinginkan pada perut. Secara perlahan, mentimun akan mengurani jumlah bakteri yang menyebabkan bau mulut.

5. Digunakan Sebagai Perawatan Kulit

Mentimun sering kali digunakan dalam perawatan kulit karena kandungan kalium, magnesium, dan silika di dalamnya. Selain itu, mentimun juga mengandung sifat antiinflamasi.

Hal itulah yang membuat irisan mentimun dapat membantu mengurangi bengkak pada kelopak mata. Jika kulitmu terbakar sinar matahari, beberapa irisan mentimun juga bisa membantu mengurangi rasa sakit. [DP]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *