Amankah Sering Menggunakan Hand Sanitizer untuk Membersihkan Tangan?

Amankah Sering Menggunakan Hand Sanitizer untuk Membersihkan Tangan?

Berita Live – Saat malas mencuci tangan, salah satu hal yang biasa dipakai seseorang untuk menghilangkan kotoran adalah dengan hand sanitizer. Namun benarkan hand sanitizer ini bisa efektif untuk membersihkan kotoran di tangan?

“Berdasarkan panduan Centers for Disease Control, kalau di tangan ada kotoran yang terlihat, seperti tanah atau cairan lengket tetap harus pakai air mengalir dan sabun. Kalau tidak kelihatan, baru bisa pakai hand sanitizer,” ujar Dewi Ema Anindia, seorang dokter.

Kotoran yang tidak terlihat atau tidak berbentuk biasanya terjadi ketika setelah menjabat tangan, keluar dari toilet atau bersiap-siap ingin makan. Dalam kondisi ini, kamu baru bisa mengandalkan hand sanitizer.

“Kalau hanya kotoran yang tidak terlihat, boleh pakai hand sanitizer,” kata Dewi.

Terlepas dari perbedaan merek, semua hand sanitizer memiliki kemampuan yang sama. Hal yang harus diperhatikan adalah kondisi kulit. Pasalnya, produk tersebut mengandung alkohol yang bisa menimbulkan masalah pada kulit sensitif.

“Sebenarnya nggak ada kandungan tertentu. Satu yang pasti, hand sanitizer mengandung alkohol untuk membunuh kuman penyebab infeksi pernafasan maupun pencernaan. Hanya saja, alkohol bisa bikin kulit kering,” pesan Dewi.

Oleh karena itu, pengguna hand sanitizer disarankan memakai hand cream secara rutin. Hand sanitizer juga kurang disarankan untuk dipakai oleh balita.

“Kalau balita, pakai hand sanitizer yang non alcohol. Alkohol kan bahan kimia, nggak bagus juga. Kalau kena mata perih,” tandasnya.

( lc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *