Antisipasi banjir, BPBD Medan siagakan 5 tim reaksi cepat

BERITALIVE – Tingginya curah hujan beberapa kali memicu banjir di sejumlah lokasi di Kota Medan. Untuk mengantisipasi kejadian serupa dan ancaman lainnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan menyiagakan 5 tim reaksi cepat penanggulangan bencana (TRC-PB).

“Kami menyiagakan 50 anggota. Mereka terbagi dalam 5 tim reaksi cepat. Langkah ini kita lakukan untuk menyikapi tingginya intensitas hujan dan angin kencang akhir-akhir ini,” kata Syahril Solin, Kasi Pencegahan BPBD Medan, Selasa (5/12).

Tim itu akan ditempatkan di 4 kawasan rawan banjir, yaitu Medan Belawan, Medan Polonia, Medan Sunggal, dan Medan Selayang. Satu tim lainnya disiapkan untuk membantu penanggulangan bencana di wilayah terdampak lebih besar.

Para petugas dalam tim reaksi cepat didukung peralatan yang akan memudahkan kerja mereka. Perangkat itu juga ditempatkan di lokasi terdekat, bahkan di kendaraan khusus yang dapat bergerak cepat.

“Kita siapkan 8 perahu karet, 12 tenda pengungsian, peralatan medis, dan lainnya,” kata Syahril.

Tim yang dilibatkan ini akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Medan dan organisasi kemanusiaan lain. Kerja sama ini diharapkan dapat menghadapi kondisi darurat yang terjadi. Beberapa hari kemarin hujan terus melanda Kota Medan. Banjir terjadi di sejumlah lokasi.

SC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *