Apakah Scrub Baik untuk Kulit Berjerawat?

Saat muncul jerawat, tak sedikit orang yang langsung mencoba berbagai macam cara untuk mengatasinya. Ada yang mencoba berbagai pengobatan tradisional menggunakan bahan-bahan alami, ada juga yang langsung bikin janji dengan dokter kulit.

Apapun yang dilakukan wajar kok, karena setiap wanita pasti menginginkan kulit yang sehat dan bersih. Namun, saat jerawat tak kunjung hilang, ada baiknya cek beberapa hal berikut ini. Mungkin ada yang tanpa disadari terlewat dari perhatian kamuselama ini.

Ketika kamu telah menggunakan scrub jerawat abrasif untuk membersihkan dan membersihkan kulit.Tapi apakah scrub jerawat adalah cara terbaik untuk mengobati jerawat?

Simak yuk informasi yang sudah BERITA LIVE rangkum mengenai apakah scrub boleh digunakan pada kulit berjerawat?

1. Apa itu scrub?

Scrubs adalah jenis produk perawatan kulit yang dirancang untuk mengelupas kulit. Scrub mengandung beberapa jenis bahan abrasif untuk mengangkat sel kulit mati secara manual saat produk dioleskan ke kulit. Dalam industri kecantikan, scrub dianggap exfoliant fisik.

Pasir di scrub bisa berupa apa saja dari kacang kenari atau kulit almond, tepung kernel aprikot, jojoba atau manik-manik lilin, garam, gula.

Scrub dapat membuat kulit kamu terasa lebih lembut dan halus, serta membuat kulit kamu terlihat lebih cerah juga. Tapi itu bukan pilihan perawatan kulit yang baik untuk semua orang ya.

2. Apakah scrub bisa menghilangkan jerawat?

Meskipun kulit kamu terasa bersih setelah digosok dengan baik, namun ini bukanlah cara yang efektif untuk mengobati jerawat. Faktanya, hal itu membuatnya lebih buruk, bukan lebih baik lho.

Meskipun menggosok akan menjaga pori-pori tidak tersumbat, mengurangi komedo dan dapat membantu mengatasi benjolan kecil dan jerawat, tetapi tidak akan efektif melawan kasus jerawat yang membandel.

Scrub hanya bekerja di permukaan kulit, tidak bisa menembus lebih dalam ke dalam pori-pori tempat munculnya jerawat.

Scrub bukanlah perawatan untuk kulit berjerawat, dan scrub tidak akan membersihkan kulit kamu secara menyeluruh kecuali scrub kamu mengandung bahan perawatan jerawat tertentu.

3. Scrub berbahaya untuk kulit berjerawat

Scrub seringkali terlalu agresif terutama untuk kulit yang sedang meradang akibat jerawat.

Saat jerawat muncul, anda mungkin merasa harus sering menggosok wajah, karena mengira itu membantu membuat kulit anda benar-benar bersih. Pada kenyataannya, scrubbing yang kuat dapat meningkatkan iritasi dan kemerahan, memperburuk kulit yang sudah meradang, dan memperburuk aktivitas breakout.

Namun, jika kamu melakukan scrub dan kulit anda terasa nyaman setelah menggunakannya, tidak merah, perih, terbakar, atau teriritasi maka Mama boleh terus menggunakannya.

Tetapi jika setelah melakukan scrub kulit anda iritasi, sebaiknya lepaskan dari rutinitas scrub tersebut.

Penting, jika anda sedang mengalami peradangan jerawat, terutama jika jerawat meradang, mengeras, mengeluarkan cairan, atau luka terbuka, hindari scrub sama sekali.

4. Perawatan untuk kulit berjerawat tanpa scrub

Cuci muka dengan sabun scrub untuk jerawat tidak direkomendasikan. Sama halnya dengan menggunakan scrub alami yang biasanya terbuat dari gula atau garam. Meski begitu, bukan berarti anda sama sekali tidak boleh melakukan eksfoliasi ketika sedang jerawatan.

Pilihlah produk pembersih wajah atau eksfoliator yang tidak mengandung butiran gerinjil, namun mengandung asam salisilat. Jenis asam salisilat dalam produk perawatan kulit yang bertugas mengangkat sel kulit mati sekaligus melawan jerawat adalah BHA. Bentuknya seperti bubuk kristal yang larut dalam minyak.

Zat ini bisa menyerap ke dalam kulit dengan sangat baik hingga menembus pori-pori lho. Itulah sebabnya asam salisilat sangat direkomendasikan sebagai perawatan kulit berjerawat atau kulit berminyak ya.

Ada banyak produk pembersih kulit yang mengandung BHA, tapi eksfoliasi dengan BHA lebih baik dan aman dilakukan di dokter kulit untuk menentukan dosis bahan kimia yang tepat bagi.

(Sl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *