Bahayakah Bila Keringat Jatuh Mengenai Mata ?

BERITA LIVE-

Ketika kita sedang berolahraga, pasti keringat akan bercucuran keluar dari tubuh, termasuk dari kepala. Belum lagi udara panas yang menambah jumlah keringat yang jatuh. Karena banyaknya keringat yang keluar hingga jatuh mengenai mata.

Apakah kalian semua sering mengalami hal ini? Bila keringat sudah mengenai mata, muncul rasa perih hingga kita bisa sampai menangis. Sebenarnya, berbahaya tidak, ya, keringat yang jatuh terkena ke mata? Apakah ada efek samping yang akan dirasakan oleh mata?

Mengandung Elektrolit

Tahukah anda, apa yang membuat keringat terasa perih bila terkena mata? Jawabannya, ternyata keringat mengandung elektrolit dan garam. Kandungan inilah yang membuat mata kita terasa perih ketika terkena keringat.

Kondisi ini dapat menyebabkan iritasi ringan pada mata sehingga akan lebih baik bila terasa perih jangan mengucek mata atau membilas dengan air. Bila mata yang sedang iritasi dibilas dengan air biasa dapat menyebabkan mata semakin kering dan iritasi akan bertambah berat.

Hindari juga untuk meneteskan mata menggunakan tetes mata antibiotik, melainkan gunakan obat tetes yang mengandung air mata buatan. Jadi, walau mata terasa perih ketika terkena keringat, kondisi ini tidak membahayakan. Namun, akan sedikit mengganggu penglihatan mata.

Cara Pencegahan

Keberadaan alis pada wajah itu ternyata bukan untuk keindahan semata tapi ada fungsinya. Alis berfungsi untuk melindungi keringat masuk ke mata lebih banyak.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan ikat kepala berbahan handuk sehingga bisa menyerap keringat yang ada di dahi. Apabila kondisi iritasi ini semakin parah, dianjurkan untuk segera memeriksakannya ke dokter.

Nah, sekarang anda sudah lebih tenang, kan mengetahui bahwa keringat yang masuk ke mata itu tidak berbahaya. Namun, ada baiknya kita melakukan tindakan pencegahan agar keringat tidak sering masuk ke mata untuk tetap menjaga kesehatan mata.

(Sl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *