Beberapa Khasiat Anggur Untuk Kesehatan

BERITA LIVE – Anggur merupakan salah satu buah terpopuler. Selain enak, buah ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Aman dikonsumsi semua usia, anggur punya banyak jenis. Ada anggur merah, biru dan ungu. Bahkan kini banyak pula yang berwarna kehitaman.

Kendati berukuran kecil, anggur memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Buah itu juga kerap diolah menjadi berbagai makanan, seperti jus, salad, puding, selai roti, dan perasa makanan lainnya.

Tak hanya makanan, anggur juga kerap dipakai sebagai bahan utama dalam vitamin dan obat-obatan di apotek. Buah tersebut memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan bisa mencegah berbagai penyakit.

Menurut penelitian dari International Journal of Food Properties, senyawa antioksidan anggur hampir 10 kali lebih besar daripada tomat, pisang, pepaya, dan mangga.

Anggur adalah sumber fitonutrien, terutama senyawa enol dan folifenol. Buah ini juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, C, K dan B6. Menurut Database Nutrien National USDA, anggur kaya tiamin, riboflavin, niasinm folat, mineral, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, dan natrium.

Saking banyaknya kandungan nutrisi dalam buah anggur, buah ini juga kaya manfaat bagi tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya?

Berikut adalah manfaat anggur bagi kesehatan tubuh, seperti dirangkum dari Organic Facts, Kamis (24/10/2019).

1. Cegah Penyakit Jantung

Anggur meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, yang mencegah pembekuan darah dan membantu kesehatan jantung secara keseluruhan. Anggur efektif untuk mengurangi kemungkinan serangan jantung.

Saat dikonsumsi, anggur akan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah guna mencegah pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Oksida nitrat di anggur berperan penting untuk kesehatan jantung. Peningkatan oksida nitrat dalam darah bermanfaat dalam mengatasi tekanan darah tinggi, fungsi endotel, kekakuan arteri, fungsi trombosit, dan kinerja olahraga.

2. Mencegah Kanker

Anggur mengandung senyawa organik yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Kandungan resveratol dalam anggur juga akan bekerja optimal dalam pencegahan dan pengobatan kanker.

Mengonsumsi anggur secara rutin dipercaya mampu menangkal sel jahat penyebab kanker paru-paru esophagus, kanker mulut, kanker faring, kanker rahim, kanker usus besar, kanker pankreas, hingga kanker prostat.

Berdasarkan penelitian dari National Cancer Institute, ekstrak pada kulit anggur merah mengandung polifenol yang sangat ampuh mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

3. Mengatasi Gangguan Ginjal dan Asam Urat

Menurut penelitian yang tercantum dalam Journal of Experimental and Clinical Science, menunjukkan ekstrak buah anggur merupakan campuran polifenol yang menunjukkan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu mengatasi gangguan pada ginjal.

Kandungan mineral dalam anggur dapat mengurangi keasaman yang disebabkan asam urat dengan menginduksi buang air kecil. Mineral dalam anggur juga membantu menghilangkan asam urat, mengurangi stres, dan tekanan pada ginjal.

Anggur merah memiliki efek yang sangat membersihkan pada tubuh. Selain itu, antioksidan yang terkandung di dalamnya memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh. (dp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *