Begini Cara Jaga Kesehatan Gigi Saat Rayakan Imlek

BERITALIVE  Sayang rasanya melewatkan berbagai kudapan manis dan lezat yang hanya ada saat Imlek. Tapi jika tak berhati-hati, kudapan lezat itu bisa membuat lingkar pinggang bertambah dan masalah gigi serta gusi.

  1. Ketika makan tart nanas dan nian gao

Kue-kue yang manis dan lengket akan tersaji saat Imlek tiba dan juga sering menempel di sela-sela dan permukaan gigi. Perlu waktu beberapa saat untuk liur memecah sisa gula yang menempel sehingga menimbulkan risiko sakit gigi.

Cara melindungi gigi

Berkumurlah beberapa saat setelah makan kue-kue lengket ini. Sesampainya di rumah, Anda juga bisa langsung segera untuk menggosok gigi dengan pasta gigi berfluoride serta gunakan benang gigi untuk membersihkan sela gigi.

  1. Ketika makan permen, cokelat, kue, dan cake

Ketika mengonsumsi makanan kecil manis ini, sudah sangat bakteri berbahaya bagi mulut sehingga akan mendapat asupan kadar gula dan juga akan menciptakan asam yang menyerang enamel gigi. Seiring waktu, serangan asam yang di lakukan berkali-kali itu juga akan menimbulkan lubang pada gigi.

Cara melindungi gigi

Anda bisa memilih sajian Imlek yang mengandung lebih sedikit gula atau cokelat hitam. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa theobromine dalam cokelat hitam efektif mencegah gigi busuk. Anda juga sebaiknya menghindari terlalu banyak mengemut permen keras agar gigi tak terpapar gula dalam waktu lama.

  1. Ketika makan makanan keras

Mengunyah makanan yang keras seperti keripik tapioka bisa melemahkan enamel gigi dan menyebabkan nyeri. Hal itu pun juga bisa merusak tambalan pada gigi serta gigi retak.

Cara melindungi gigi

Gigit dan kunyah camilan keras secara hati-hati dan perlahan, terutama ketika Anda baru saja mendapatkan perawatan gigi. Jika memungkinkan, pecah makanan tersebut menjadi ukuran kecil dengan tangan atau sendok sebelum mengonsumsinya.

  1. Ketika makan jeruk mandarin

Jeruk serta buah sitrus lainnya rata-rata bersifat asam. Sering terpapar makanan asam menyebabkan enamel gigi terkena erosi.

Cara melindungi gigi

Konsumsi jeruk mandarin hanya pada waktu makan dan tunggu hingga 45 menit sebelum menggosok gigi.

  1. Ketika minum minuman beralkohol

Alkohol membuat mulut kering (dehidrasi). Individu yang minum alkohol berlebihan akan merasa liur mereka berkurang. Padahal liur penting untuk mengatasi bakteri mulut dan berkurangnya liur bisa meningkatkan masala gigi seperti gigi bolong dan gangguan gusi.

Cara melindungi gigi

Konsumsi air di sela-sela minum minuman beralkohol. Air akan membantu membersihkan gigi. Anda juga bisa minum minuman beralkohol sambil mengudap makanan kecil untuk menjaga liur tetap diproduksi.

 JM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *