Begini perubahan metabolisme tubuhmu seiring bertambahnya usia

BERITA LIVE– Tahukah kamu bahwa metabolisme tubuh bisa berubah seiring dengan bertambahnya usia? Umumnya banyak diketahui bahwa semakin kamu tua, maka metabolisme tubuh makin melambat.

Benarkah demikian?

Usia 20-an

Di usia ini, metabolisme tubuh berada pada puncaknya. Meskipun kamu mengonsumsi makanan tinggi kalori, namun tubuh cenderung bisa membakarnya lebih cepat tanpa meninggalkan jejak lemak yang tidak diinginkan.

Usia 30-an

Di usia 30-an, metabolisme tubuh mulai banyak berubah menjadi sedikit lebih perlahan. Ketika metabolisme melambat, maka banyak fungsi tubuh yang juga cenderung melambat. Proses membakar lemak tidak sesempurna saat kamu masih muda. Di usia ini, kamu juga perlu bekerja lebih keras untuk mempertahankan massa otot.

Usia 40-an

Ketika memasuki usia 40-an, metabolisme akan melambat secara drastis. Begitu pula dengan tingkat hormonal tubuh. Hal ini bisa mempengaruhi siklus reproduksi hingga menyerang libido.

Usia 50-an

Pada wanita, metabolisme tubuh yang melambat juga membuat mereka mengalami menopause. Saat itulah kenaikan berat badan yang signifikan mulai terjadi. Sementara pada pria, mereka juga akan kehilangan massa otot serta akumulasi lemak naik. Mereka pun jadi mudah lelah. (qq)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *