Berapa Lama Ketahanan Tubuh Manusia Tanpa Tidur ?

BERITA LIVE-

 

Para ahli menyarankan agar kita harus tidur sekitar 7 hingga 9 jam setiap malam. Tubuh kita butuh tidur teratur untuk dapat bisa melakukan fungsi fisiologis yang penting, seperti perbaikan otot atau jaringan, memori dan sintesis hormon.

Namun pada sekarang ini bagi manusia modern setiap waktu harus selalu produktif. Terkadang mereka mengorbankan waktu tidur untuk bekerja atau bersantai sampai larut malam. Sebenarnya berapa lamakah seseorang dapat mampu secara fisik tanpa tidur?

Randy Gardner pria asal Amerika yang saat ini berusia 70 tahun adalah pemegang “rekor dunia” untuk tidak tidur selama 11 hari 25 menit.¬† W. Christopher Winter, ahli syaraf dan sekaligus peneliti tidur dari Amerika, mengaku skeptis dengan catatan rekor ini. “Tim peneliti mengakui bahwa dia mengalami ‘tidur mikro’¬† yang konstan atau periode tidur singkat yang hanya berlangsung beberapa detik selama penelitian,” kata Winter.

Jika seseorang mampu tidak tidur selama berhari-hari, tentu kesehatan mentalnya akan terganggu. Sebenarnya, hampir secara fisik tidak mungkin semua untuk tetap terjaga selama berhari-hari. Ini terjadi karena otak pada dasarnya akan memaksa kita tertidur. Winter mengatakan sebanyak mungkin kita mencoba memaksakan diri untuk tetap terjaga, akhirnya otak terpaku pada tidur dan pada titik tertentu kita tak bisa menahannya.

Kurang tidur dapat mengakibatkan permasalahan seperti kenaikan berat badan, penurunan gairah seksual, dan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Kita juga lebih rentan mengalami kecelakaan, terutama jika kita sedang mengemudi. Menurut Winter, tidak ada jumlah jam yang ditetapkan untuk berapa lama seseorang bisa tetap terjaga, percobaan ini mungkin tidak pantas untuk dilakukan. “Rekor saya adalah 48 jam dan saya berhalusinasi suara ibu saya yang berbisik kepada saya,” katanya.

(SL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *