Berhasil Rebut Pole, Quartararo Pecahkan Rekor Marquez

BERITA LIVE– Jerez – Pebalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo secara mengejutkan merebut pole position MotoGP Spanyol. Quartararo memecahkan rekor Marc Marquez.

Pada kualifikasi di Sirkuit Jerez, Sabtu (4/5/2019), Quartararo terus memperbaiki catatan waktunya selama 10 menit di Q2, sebelum akhirnya mengunci posisi terdepan ketika sesi tinggal satu menit. Pebalap Prancis tersebut mengemas waktu terbaik 1 menit 36,880 detik.

Hasil ini menandai bahwa Quartararo menjadi pebalap termuda yang berhasil memenangi pole dalam sejarah MotoGP. Quartararo mencapainya di usia 20 tahun dan 14 hari, mematahkan rekor sebelumnya yang diciptakan Marquez saat berusia 20 tahun dan 62 hari saat memastikan start terdepan di Austin pada 2013.

“Aku tidak pernah menyangka bisa meraih pole position pada hari ini, jadi terasa menakjubkan bisa melakukannya. Pole position, yang pertama di MotoGP,” kata Quartararo kepada MotoGP.com.

“Aku ingin berterima kasih kepada tim yang sudah bekerja keras untuk membuat hal ini terwujud.”

Petronas Yamaha SRT memastikan akan start 1-2 setelah Franco Morbidelli menyudahi kualifikasi di belakang Quartararo. Morbidelli mencatatkan waktu 1 menit 36,962 detik unggul 0,008 detik dari Marquez di posisi ketiga.

Quartararo merupakan satu dari empat pebalap rookie yang berlaga di MotoGP 2019. Quartararo sebelumnya menghabiskan dua tahun di Moto2 sebelum ‘promosi’.
(th)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *